Ekor Monyet Ini Bisa Disimpan di Dalam Vas Bunga

By willa widiana, Kamis, 4 Januari 2018 | 10:03 WIB
Tunas pakis monyet (willa widiana)

Bobo.id – Coba lihat! Benda yang disimpan di dalam vas bunga itu mirip ekor monyet, ya! Itu ekor monyet betulan atau bukan, ya?

Pakis Monyet

Ternyata, itu bukan ekor monyet. Itu adalah bagian tunas dari tanaman pakis monyet (Cibotium barometz). Karena punya bulu lebat dan bentuknya mirip ekor monyet, banyak orang yang mengambil tunas pakis monyet dan menyimpannya di dalam vas bunga.

Sayang, kebiasaan mengambil tunas pakis monyet bukanlah kebiasaan baik.

Baca Juga: Monyet Vanzolini, Menghilang Selama 80 Tahun

Mati

Tunas yang mirip ekor monyet itu adalah bagian dari tanaman pakis. Jika diambil dari pohon utamanya, tunas ini akan mati dalam beberapa minggu, karena tidak punya akar untuk mencari makan.

Pohon utamanya juga akan mati, jika tunasnya yang mirip ekor monyet ini diambil. Jadi, mengambil atau membeli tunas pakis itu sama dengan membunuh satu tanaman pakis.

Baca Juga: Inilah 5 Perbedaan Kera dan Monyet

Obat

Selain dijual, banyak juga orang yang mengambil tunas pakis monyet untuk dijadikan obat. Di daerah Jambi, Sumatra, tunas pakis monyet dijadikan sebagai obat untuk mengobati luka.

Konon, luka yang tertutupi bulu tunas pakis monyet akan mengering lebih cepat. O iya, masyarakat Tiongkok juga suka menggunakan tunas pakis monyet untuk pengobatan, lo!

Baca Juga: Monyet Ekor Panjang, si Hewan Keramat

Wah... kalau terus-terusan diambil, tumbuhan pakis monyet bisa berkurang dan punah. Semoga tidak ada lagi orang yang mengambil tunas pakis monyet dan menyimpannya di dalam vas bunga, ya!

Foto: Creative Commons