Apa Fungsi Kantong Kecil pada Celana Jeans?

By Yomi Hanna, Sabtu, 6 Januari 2018 | 08:01 WIB
Apa fungsi kantong kecil di celana jeans, ya? (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Pernahkah teman-teman memperhatikan kantong kecil di bagian depan celana jeans? Ukurannya sangat kecil, untuk menyimpan uang koin pun sepertinya tidak muat. Jadi, kira-kira apa gunanya kantong kecil itu, ya?

Lima Kantong pada Celana Jeans

Pada celana jeans, biasanya terdapat lima kantong. Terdiri dari dua kantong di bagian belakang dan tiga kantong di bagian depan, satu di kiri dan dua kantong di sebelah kanan.

Nah, kantong kecil itu berada di bagian depan sebelah kanan.

Baca juga : Sejarah Celana Jeans dari Masa ke Masa

Jam Saku Banyak Digunakan

Kantong kecil di celana jeans ternyata tidak dibuat begitu saja tanpa fungsi. Menurut Strauss, penemu blue jeans di Amerika Serikat, kantong kecil itu berguna untuk menyimpan jam saku.

Di tahun yang sama dengan terciptanya celana jeans itu, jam saku banyak digunakan oleh orang-orang. Jam sakunya bukanlah jam saku sembarangan, melainkan benda penunjuk waktu yang sering digunakan oleh para koboi.

Nah, para koboi, kala itu banyak memakai celana jeans.

Strauss Menambahkan Kantong Kecil pada Celana Jeans

Pada tahun 1800, para koboi sering menggantungkan jam mereka di rantai lalu menyelipkannya di ikat pinggang. Agar tetap aman dan tidak mudah terjatuh, saat itu Levi Strauss pun membuatkan kantong kecil itu pada celana jeans.

Hebatnya, meski jam saku sudah jarang dipakai, hingga kini desain kantong kecil tidak dihilangkan dari celana jeans.