Mengapa Kita Harus Mengunyah Makanan dengan Lama?

By Cirana Merisa, Jumat, 5 Januari 2018 | 05:05 WIB
Gigi akan melakukan penghancuran makanan dengan cara dikunyah. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Kalau kita makan, kita akan mengunyah makanan itu sebelum ditelan. Menurut penelitian, kita harus mengunyah 32 kali baru makanan itu ditelan. Mengapa harus seperti itu, ya?

Tugas Gigi

Gigi di dalam mulut kita itu ada tiga macam, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Masing-masing gigi memiliki tugas yang berbeda-beda, lo.

Gigi seri bertugas untuk memotong dan mengiris makanan. Gigi taring berfungsi untuk merobek makanan, biasanya yang lebih keras yang tidak bisa dipotong gigi seri. Sedangkan gigi geraham bertugas untuk menghaluskan makanan.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Nasi yang Dikunyah Terasa Manis

Mengandung Nutrisi

Makanan yang kita konsumsi itu pasti memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan lain-lain. Nah, supaya nutrisi dari makanan itu bisa diambil, tubuh kita perlu mencerna makanan itu.

Namun proses mencerna itu tidak hanya terjadi di sistem pencernaan saja, tapi juga pertama kali terjadi di dalam mulut.

Baca juga: Awas, Inilah Bahaya Mengunyah Makanan dengan Terburu-buru!

Mengunyah Makanan

Di dalam mulut, gigi akan melakukan penghancuran makanan dengan cara dikunyah. Makanan yang sudah dikunyah itu lalu diolah secara kimiawi menggunakan enzim di dalam air liur.

Semakin lama dikunyah, makanan menjadi lebih halus sehingga nutrisi akan terserap lebih banyak dan saat makanan sampai ke sistem pencernaan juga akan lebih mudah dicerna.   

Mengunyah makanan dalam waktu yang lama juga bisa melatih gigi, memperkuat otot rahang, memperlancar buang air besar, dan membuat kita merasa lebih kenyang sehingga tidak makan secara berlebihan.