Misteri Bintang Tabby yang Punya Banyak Rahasia

By Cirana Merisa, Jumat, 5 Januari 2018 | 08:08 WIB
Kadang bintang ini kelihatan cerah, tapi kadang meredup. (Cirana Merisa)

Bobo.id Bintang yang paling terang adalah Sirius. Namun kalau ditanya bintang apa yang paling misterius, jawabannya adalah bintang Tabby.

Yuk kita cari tahu kenapa bintang ini disebut misterius.

Sekilas Tentang Bintang Tabby

Bintang Tabby dinamakan sesuai dengan nama penemunya, yaitu Tabetha Boyajian. Maka itu, bintang ini juga sering disebut bintang Boyajian atau dalam penamaan formalnya disebut KIC 8462852.

Bintang Tabby terletak di rasi Cygnus yang berjarak sekitar 1.276 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini termasuk tipe bintang kelas F berwarna putih kuning, yang berarti sedikit lebih panas daripada Matahari.

Ukurannya juga sedikit lebih besar dan umurnya sedikit lebih muda daripada Matahari.

Baca juga: Penamaan Bintang-bintang di Langit

Bintang Paling Misterius

Semua astronom mungkin setuju kalau bintang Tabby ini merupakan bintang paling misterius di alam semesta. Kenapa disebut misterius? Karena sudah beberapa abad, bintang ini memancarkan sinar yang berubah-ubah tanpa diketahui pasti alasannya. Kadang bintang ini kelihatan cerah, tapi kadang meredup.

Perubahan cerah-redup ini tidak terjadi secara periodik, artinya para astronom tidak bisa memperkirakan kapan bintang ini akan meredup dan kapan bintang ini akan memancarkan sinar yang cerah.                   

Baca juga: Mengenal Vega, Bintang Paling Terang Kelima

Mulai Terungkap

Selama ini para astronom terus melakukan penelitian terhadap bintang ini.

Dan baru-baru ini terungkap bahwa kemungkinan besar alasan kenapa bintang Tabby terlihat meredup adalah karena adanya debu kosmik yang berasal dari komet-komet yang masuk ke orbit dan mengelilingi bintang ini.

Wah, ternyata itu adalah debu kosmik. Padahal dulu para astronom sempat mengira kalau alasan bintang itu terlihat meredup karena adanya alien, lo. 

Walaupun sudah terungkap, tapi bintang misterius ini masih menyimpan banyak rahasia. Maka itu, para astronom masih tetap harus meneliti lebih dalam.