Jalur Trotoar Khusus untuk Tunanetra

By Sylvana Toemon, Sabtu, 6 Januari 2018 | 03:10 WIB
Jalur trotoar khusus untuk tunanetra (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Saat berjalan di trotoar, apakah kamu pernah melihat garis kuning? Garis kuning ini adalah jalur trotoar khusus untuk penyandang disabilitas, terutama tunanetra.

Baca juga: Bagaimana Trotoar yang Ideal?

Syarat Trotoar Ideal

Jalur khusus ini adalah salah satu syarat trotoar yang ideal. Jalur ini berguna untuk memandu penyandang disabilitas, terutama yang tunanetra. Garis kuning itu dibuat dari ubin dengan pola yang timbul seperti huruf Braille. Polanya ada yang garis, ada yang titik. Kita dapat merasakan adanya pola timbul itu di bawah alas kaki. Pola garis adalah tanda untuk berjalan lurus. Pola titik menandakan untuk berhenti sejenak.

Baca juga: Huruf Braille, Huruf untuk Tunanetra

Tunanetra Diutamakan

Jalur ini dibuat untuk memudahkan penyandang tunanetra. Apabila ada halangan di jalur ini, maka jalur dibuat sedikit berbelok. Itu sebabnya jalur ini membelok saat bertemu dengan tiang listrik, pohon, atau pot bunga. Gunanya supaya teman-teman kita yang penglihatannya kurang baik tidak tersandung. Jalur ini boleh digunakan oleh orang yang penglihatannya baik. Namun, apabila ada penyandang tunanetra yang ingin menggunakannya, maka harus diutamakan.