Teleskop Radio Terbesar di Dunia

By Sylvana Toemon, Selasa, 9 Januari 2018 | 09:10 WIB
Tianyan, teleskop radio terbesar di dunia (Sylvana Toemon)

Bobo.id -Teleskop radio ini ukurannya sangat besar. Apabila dilihat dari atas, terlihat seperti wajan raksasa.

Mata Langit

Teleskop radio ini diameternya 500 meter alias setengah kilometer. Namanya Five Hundred Metre Aperture Spherical Telescope (FAST) atau sering juga disebut Tianyan, yang artinya mata langit. Teleskop radio berukuran raksasa ini dibangun di Daodang, sebuah lembah yang berada di Kabupaten Pingtang, Provinsi Guizhou, Tiongkok Selatan. Teleskop ini gunanya untuk mendengarkan suara dari luar angkasa. Tentunya menggunakan gelombang radio.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Observatorium

Masa Percobaan

Pembangunan teleskop ini dimulai sejak tahun 2011 dan baru selesai pada tahun 2016. Pengamatan pertama yang dilakukan dengan teleskop ini telah dilakukan pada bulan September 2016 yang lalu. Namun, teleskop ini belum dibuka untuk digunakan secara umum. Masih perlu waktu sekitar 3 tahun untuk penyempurnaan. Selama masa percobaan, tim ilmuwan tetap dapat melaksanakan penelitian ilmiah bekerja sama dengan para astronom.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa Baru Buatan NASA

Dengan ukurannya yang sangat besar, teleskop ini dapat menangkap sinyal kosmik yang sangat jauh. Profesor Peng, Deputi Manajer Proyek FAST, mengatakan teleskop ini dapat mendeteksi gelombang radio dari bintang yang sangat padat dan berputar cepat. Teleskop ini diharapkan dapat menyingkap lebih banyak misteri alam semesta.

Sumber: BBC, nationalgeographic.co.id