Lost Lake, Danau yang Hilang

By Sylvana Toemon, Rabu, 10 Januari 2018 | 09:10 WIB
Lost Lake, danau yang airnya menghilang (Sylvana Toemon)

Bobo.id Danau di Oregon ini terlihat saat musim dingin. Saat musim berganti setiap tahunnya, danau ini menghilang. Danau ini dinamai Lost Lake, danau yang hilang.

Baca juga: Danau Toba dan Cerita di Balik Keindahannya

Mengalir ke Dalam Sebuah Lubang

Danau yang terletak di Hood County, Oregon, Amerika Serikat ini hanya terlihat di musim dingin. Saat itu danau ini terlihat seperti danau biasa yang tergenang air. Luasnya sekitar 90 hektar. Pada saat musim lainnya, danau ini berubah menjadi padang rumput yang luas. Air danau itu menghilang karena mengalir ke dalam sebuah lubang. Lubang dengan diameter sekitar 2 meter ini seakan-akan menelan air danau itu.

Baca juga: Sumur Ajaib di Tuhala

Saluran Lava

Lubang di dasar danau ini menjadi teka-teki selama bertahun-tahun. Hilangnya air danau itu menjadi misteri sampai Bapak Dave Kretzing menyelidikinya. Bapak Dave adalah seorang ahli ilmu air (hidrologi) yang pernah bekerja di Badan Kehutanan. Ia sudah mengamati fenomena ini selama bertahun-tahun. Lubang itu ternyata terhubung dengan saluran di bawah permukaan Bumi. Saluran ini dipercaya terbentuk ribuan tahun yang lalu akibat aliran lava. Air ini mengalir membentuk sungai bawah tanah.

Sumber: mnn.com, livescience.com