Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge, Jembatan Laut Terpanjang di Dunia

By Sylvana Toemon, Kamis, 11 Januari 2018 | 03:10 WIB
Jembatan laut terpanjang di dunia (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Kembang api terlihat memeriahkan jembatan yang terletak di Tiongkok ini pada hari terakhir tahun 2017 yang lalu. Kembang api itu bukan untuk merayakan tahun baru, lo. Warna-warni kembang api itu untuk merayakan selesainya pembangunan jembatan laut terpanjang di dunia.

Baca juga: Jembatan Antarnegara yang Terpendek di Dunia

Perlu Ribuan Ton Baja

Jembatan yang panjangnya 54,7 kilometer ini dibangun sejak 14 tahun yang lalu. Jembatan laut ini menghubungkan 3 tempat penting di Tiongkok yaitu Hong Kong, Zhuhai, dan Macau. Jembatan super panjang ini  diberi nama Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge sesuai dengan nama tempat yang terhubung olehnya. Untuk membangun jembatan ini diperlukan 420.000 ton baja dengan biaya sekitar Rp 218,5 triliun. Baja yang diperlukan itu kira-kira sama untuk membangun 60 buah Menara Eiffel.

Baca juga: Jembatan Tua yang Unik

Mempersingkat Waktu Perjalanan

Jembatan ini diharapkan akan memudahkan transportasi antar pulau di ketiga tempat yang menjadi pusat kegiatan ekonomi itu. Jalan penghubung ini tidak hanya berupa jembatan yang berada di atas air, lo. Ada juga terowongan sepanjang 6,7 kilometer yang letaknya berada di bawah permukaan laut. Dengan adanya jembatan ini, perjalanan yang biasanya memakan waktu 3 jam, dapat ditempuh dengan waktu 30 menit.

Baca juga: Artikel Tentang Jembatan

Walaupun sudah selesai dibangun, jembatan ini belum dibuka untuk masyarakat. Masih banyak yang perlu dipersiapkan supaya jembatan ini dapat digunakan dengan aman dan nyaman. Rencananya jembatan ini akan dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2018 ini. apakah kamu ingin melewati jembatan ini?

Sumber: kompas.com, amusingplanet.com