John Young Si "Astronaut Sandwich” Wafat

By Sylvana Toemon, Kamis, 11 Januari 2018 | 09:10 WIB
Astronaut John Young (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Hari Jumat tanggal 5 Januari 2018 yang lalu dunia astronomi kehilangan seorang tokoh pentingnya. John Young, seorang astronaut yang berpengalaman, wafat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Astronaut

Membawa Sandwich Tanpa Izin

John Young lahir di San Francisco, Amerika Serikat pada tanggal 24 September 1930. Saat dewasa, ia belajar tentang ilmu penerbangan. Setelah lulus, ia menjadi pilot di Angkatan Laut. Keahliannya dalam ilmu penerbangan dan keterampilan sebagai pilot membuatnya terpilih sebagai astronaut. Bapak John Young pertama kali terbang ke antariksa bersama dengan misi Gemini 3 pada tahun 1965. Saat itulah Pak John membawa sandwich daging kornet di kantung bajunya tanpa izin.

Baca juga: Astronaut Bandel Bawa Sandwich ke Ruang Angkasa

Berjalan di Permukaan Bulan

Pak John Young mendapat peringatan karena kebandelannya membawa sandwich. Namun, dia tetap mendapat kesempatan untuk menjadi astronaut. Setelah penerbangan pertamanya ke luar angkasa itu, Pak John Young beberapa kali mengikuti misi antariksa. Sepanjang karirnya yang panjang di dunia astronomi, Pak John Young mengikuti 6 misi antariksa. Beberapa misi dipimpin olehnya.  Ia juga mendapat kesempatan untuk berjalan di permukaan Bulan dan membawa pulang batu-batu dari Bulan ke Bumi.

Apa yang telah Pak John Young lakukan telah membuka banyak pengetahuan bagi manusia di Bumi. Apakah kamu juga ingin menjadi astronaut seperti Pak John Young?

Sumber: space.com