Islandia, Negara Dekat Kutub Utara yang Selalu Dingin

By Sylvana Toemon, Senin, 15 Januari 2018 | 05:15 WIB
Islandia, negara dekat Kutub Utara yang selalu dingin (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Hari Minggu tanggal 14 Januari 2018 yang lalu, Tim Sepakbola Indonesia bertanding dengan Tim Sepakbola Islandia. Di manakah Islandia?

Baca juga: Skandinavia, Negeri Utara

Dingin Sepanjang Tahun

Republik Islandia (Republic of Iceland) dikenal juga dengan nama Eslandia di Indonesia. Republik Islandia terletak tidak jauh dari Kutub Utara, tepatnya di Samudra Atlantik, sebelah barat Eropa. Daerah ini selalu dingin sepanjang tahun, apalagi saat musim dingin. Wilayahnya terdiri dari sebuah pulau besar dan beberapa pulau kecil. Luas wilayahnya sekitar ¾ luas Pulau Jawa. Negara kecil ini termasuk negara paling bersih di dunia.

Baca juga: 7 Negara Paling Bersih di Dunia

Pemandangan Indah

Islandia terkenal karena pemandangannya yang indah. Dari negara ini kita dapat melihat aurora borealis. Ada banyak gunung berapi aktif di pulau terbesar Islandia. Akibatnya sering terjadi gempa di negara ini. Gunung berapi itu juga mengakibatkan terbentuknya mata air panas di beberapa tempat.

Pulau ini juga memiliki banyak fjord. Fjord adalah teluk yang sempit dan panjang, di kiri kanannya tebing batu yang amat curam.

Ada juga daerah padang rumput yang luas, tempat yang baik untuk memelihara ternak biri-biri, lembu, dan kuda. Rumah tradisional Islandia di daerah padang rumput ini terbuat dari rumput, lo.

Baca juga: Wow, Rumah Ini Dipenuhi Rumput!

Wajib Belajar

Penduduk negara ini sebagian besar tinggal di kota Reykjavik, ibu kota negara yang juga menjadi kota terbesar di Islandia. Seperti juga anak-anak di Indonesia, anak-anak di Islandia juga wajib untuk belajar di sekolah. Mereka harus mengikuti wajib belajar pada umur 7 – 15 tahun. Anak-anak Islandia juga suka bermain sepakbola. Cabang olahraga ini cukup terkenal di Islandia. Selain itu, mereka juga bermain basket, voli, kriket, dan olahraga es.