Musik Klasik Menenangkan Kucing Saat Operasi

By Sylvana Toemon, Senin, 15 Januari 2018 | 08:15 WIB
Musik menenangkan kucing (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Musik klasik dipercaya dapat menenangkan pikiran manusia. Jenis musik ini ternyata juga dapat menenangkan kucing saat operasi, lo.

Baca juga: 7 Fakta Seputar Kucing yang Harus Kamu Tahu

Kucing Menjadi Tenang Mendengar Musik Klasik

Dr. Miguel Carreira dari Universitas Lisbon di Portugal mengadakan penelitian khusus tentang hal ini. Di klinik tempatnya mengadakan pengamatan, selalu ada musik yang diperdengarkan.

Ia menguji 12 ekor kucing betina dengan memperdengarkan jenis musik yang berbeda, yaitu musik klasik, musik pop, dan musik rock. Kucing-kucing itu terlihat paling tenang dan santai saat mendengar musik klasik, terutama yang digubah oleh George Handel.

Baca juga: 6 Jenis Kucing Terlucu di Dunia

Operasi Kucing

Saat ada kucing yang harus dioperasi, Dr. Miguel Carreira memperdengarkan musik klasik. Kucing itu menjadi lebih tenang sehingga obat bius yang digunakan tidak sebanyak biasanya. Terlalu banyak obat bius dapat berakibat tidak baik bagi tubuh kucing yang kecil itu.

Dalam peneliitan yang laporannya dimuat di Journal of Feline Medicine and Surgery, Dr. Miguel menyarankan untuk memperdengarkan musik klasik saat melakukan operasi hewan.

Sumber: mnn.com