Serba-serbi Sayur Bunga Pepaya

By Putri Puspita, Selasa, 16 Januari 2018 | 04:31 WIB
Sayur Bunga Pepaya (Putri Puspita)

Bobo.id - Pohon pepaya memang punya banyak manfaat. Bagian yang umumnya dimanfaatkan adalah buah dan daunnya. Tahukah teman-teman, kalau bunga pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur?

Bunga Pepaya

Ketika pohon berbunga, biasanya bunganya tak lama kemudian akan menjadi buah. Namun, tidak jarang ada bunga yang tidak menjadi buah. Nah, pada pohon pepaya, bunga inilah yang dimanfaatkan sebagai sayur bunga pepaya.

Baca juga: Asal Pepaya California, Ternyata dari Bogor

Bagaimana Rasanya?

Hampir sama seperti daun pepaya, bunga pepaya punya rasa sedikit pahit. Eits! Tenang dulu, rasa pahit ini bisa dikurangi apabila kita mengolahnya dengan cara yang tepat.

Nah, agar bunga pepaya tidak pahit saat dibuat jadi sayur, bunga pepaya harus dicuci bersih, kemudian diberi garam, dan diremas-remas hingga layu. Bunga pepaya siap dimasak.

Baca juga: Carica, Pepaya Gunung

Manfaat untuk Kesehatan

Bunga pepaya mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu mengurangi infeksi pada sistem pencernaan.

Di dalam bunga pepaya juga terdapat enzim papain yang membantu memperlacar sistem pencernaan. Bicara tentang pencernaan, bunga pepaya juga bisa meningkatkan keinginan untuk makan, lo!

Kandungan antioksidan di dalma bunga pepaya juga bermanfaat untuk tubuh terutama untuk melawan berbagai radikal bebas sehingga bida mencegah kanker, penuaan dini, dan lain-lain.

Selain kaya antioksidan, bunga pepaya juga mengandung karbohidrat yang aman untuk menderita diabetes, serta mampu menurunkan kadar insulin yang berlebihan pada penderita diabetes.

Bunga pepaya juga aman untuk orang-orang yang menghindari kolesterol dan baik untuk sistem peredaran darah.