Fakta Unik Sate, Makanan Indonesia yang Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia

By Putri Puspita, Rabu, 17 Januari 2018 | 04:01 WIB
Sate ayam yang lezat (Putri Puspita)

Bobo.id - Sate menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia. Ternyata, di negara lain pun makanan ini juga disukai. Yuk, simak informasi fakta-fakta unik sate di bawah ini.

Asal-Usul yang Masih Misterius

Di Indonesia sendiri, sate berkembang sejak abad ke-19. Makanan ini mulai berkembang di pulau Jawa, terutama ketika banyaknya pedagang dari berbagai negara masuk ke Indonesia.

Inspirasi munculnya makanan ini sebenarnya masih misterius. Ada yang mengatakan sate terinspirasi dari pedagang Timur Tengah, ada juga yag menganggap dari Tiongkok. Beberapa orang juga menyebut berasal dari Jepang, mengingat disana terdapat makanan robatayaki (sate khas Jepang).

Benua Eropa dan Afrika

Ternyata, sate bukan hanya tersebar di Indonesia, tapi juga sampai ke berbagai benua lain, seperti Eropa dan Afrika

. Ada yang mengatakan, tersebarnya sate di Eropa diawali oleh para penjajah Belanda yang dulu datang ke Indonesia, membawa sate ke negaranya. Sedangkan, jika ke Afrika Selatan, dikatakan karena adanya perpindahan pendatang Hindia Belanda ke Afrika. Di Afrika Selatan, sate disebut sosatie.

Sate Madura

Banyak sekali jenis-jenis sate yang ada di Indonesia. Bahkan ebberapa sate menjadi ikon tersendiri dari daerah-daerah tertentu, seperti sate lilit dari Bali, sate buntel dari Surakarta, dan sate Madura.

Dari berbagai jenis itu, ternyata sate Madura lah yang paling banyak dikenal dan disukai oleh masyarakat. Sate ini punya bumbu yang khas dan lezat. Sate dibuat dari daging ayam, kambing, atau sapi yang dibumbui dengan bumbu kacang, kecap, dan petis. Yummy!

Makanan Terlezat

Kita harus bangga dengan sate karena makanan ini masuk urutan ke-14 makanan terenak di dunia menurut survei dari World's 50 most delicious foods.

Kelezatan sate ini memang tdiak diragukan lagi. Bumbu sate menjadi kunci lezatnya sate. Bumbu ini juga menjadi ciri khas dari masing-masing jenis sate yang tersebar di Indonesia.