Muscae volitantes, Bintik-bintik Seperti Cacing yang Melayang di Mata

By Yomi Hanna, Selasa, 16 Januari 2018 | 05:31 WIB
Muscae volitantes (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Apakah teman-teman pernah melihat bintik-bintik kecil seperti cacing yang melayang di mata kita? Bintik-bintik tersebut seolah melarikan diri dari penglihatan ketika kita berusaha untuk melihat mereka. Sebenarnya bintik-bintik kecil itu apa, ya?

Muscae volitantes

Dilansir dari Elitereaders, bintik-bintik ada sebutannya, lo.  Nama ilmiahnya adalah Muscae volitantes yang secara harafiah dalam bahasa Latin berarti “lalat terbang”.

Baca juga : Inilah 5 Olahraga Mata yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Meskipun disebut dengan lalat terbang, mereka bukanlah lalat atau sejenis serangga yang sebenarnya. Muscae volitantes atau ‘eye floaters’ sebenarnya adalah bagian dari jaringan, protein atau sel darah merah yang terdapat di dalam bola mata kita.

Muncul Saat Melihat Sesuatu yang Terang

Kita bisa melihat bintik-bintik kecil yang melayang itu setiap kali Muscae volitantes melemparkan bayangan pada retina. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kita sedang menatap sebuah layar atau pemandangan yang terang. Misalnya seperti layar komputer atau langit yang cerah.

Baca juga : Fakta-Fakta Mata Manusia

Jika Terlihat Banyak, Itu Tanda Bahaya

Jika melihat Muscae volitantes, kita tidak perlu khawatir. Namun, jika bintik-bintik kecil itu muncul dalam jumlah yang banyak, sehingga mengganggu penglihatan, kita harus segera memeriksakannya. Karena itu merupakan tanda bahwa mata kita memiliki masalah yang serius.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, teman-teman?