Elang Bondol, Si Kepala Putih

By Sylvana Toemon, Selasa, 16 Januari 2018 | 06:45 WIB
Elang bondol (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Elang bondol dapat dikenali dari kepalanya yang berwarna putih.

Berkepala Putih dan Tidak Botak

Elang bondol (bald eagle) tidak berkepala botak seperti namanya. Kepalanya berbulu putih tanpa jambul sehingga kesannya botak atau bondol. Ada beberapa spesies elang bondol. Elang bondol juga ada di Indonesia, lo. Elang bernama ilmiah Haliastur indus ini tinggal di dekat pantai-pantai Indonesia dari timur sampai ke barat. Spesies yang sama juga tinggal di Australia dan Papua Nugini.

Baca juga: Serunya Mengintip Penangkaran Elang di Bogor

Karnivora yang Bergerak Cepat

Elang adalah binatang karnivora atau pemakan daging. Mamalia kecil, unggas, ikan, dan aneka makhluk laut menjadi makanannya. Elang berpenglihatan tajam dan dapat bergerak sangat cepat. Kecepatannya itu mengalahkan kecepatan mangsanya. Elang bondol juga dapat menyelam saat mencari ikan.

Baca juga: 6 Hewan yang Punya Penglihatan Super Tajam

Bersarang di Tempat Tinggi

Elang ini bersarang di tempat tinggi. Setiap kali bertelur, telurnya hanya ada 1 atau 2. Elang bondol mengerami telurnya selama 28 sampai 35 hari. Induknya memberikan makanan selama anak-anak elang ini bertumbuh. Elang jenis ini belajar terbang pada umur 40 hari, dan menjadi dewasa setelah berumur 2 bulan. Setelah dewasa, elang bondol terbang meninggalkan sarang induknya untuk hidup mandiri.

Baca juga: Burung Elang Emas Sebagai Teman Berburu Suku Kyrgyz

Simbol dan Maskot

Elang bondol dijadikan simbol dan maskot di beberapa tempat. Sebagai maskot kota Jakarta, elang bondol digambarkan sedang mencengkeram buah salak, buah yang dulu banyak dihasilkan di daerah Condet. Di negara kita, elang bondol termasuk hewan yang dilindungi. Apakah kamu pernah melihat elang bondol di sekitar tempat tinggalmu?