Montesechia vidalii, Bunga Pertama yang Hidup di Bumi

By Yomi Hanna, Selasa, 16 Januari 2018 | 09:26 WIB
Bunga pertama di Bumi, Montesechia vidalii (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Dari begitu banyak tanaman yang ada di Bumi, ilmuwan telah menemukan bunga yang bisa disebut sebagai bunga pertama di dunia, namanya bunga Montesechia vidalii.

Penemuan yang dipublikasikan di sebuah jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini dapat mengubah pandangan manusia tentang evolusi bunga di Bumi.

Tumbuhan Purba yang Hidup di Air

Menurut David Dilcher, ahli tumbuhan purba dari Indiana University, ini karena bunga tersebut begitu tua dan merupakan tumbuhan akuatik sejati atau tumbuhan yang hidup di air.

Baca juga: Penguin Purba Ternyata Bertubuh Sebesar Manusia

Montesechia vidalii Menggantikan Archaefructus, Sebagai Bunga Tertua

Sekitar belasan tahun lalu, Dilcher dan teman-temannya menemukan fosil bunga di Tiongkok yang kemudian dinamai Archaefructus. Waktu itu, Archaefructus dinyatakan sebagai bunga yang tertua. Sebutan bunga tertua itu bertahan hingga kemudian Dilcher meneliti spesies Montesechia vidalii yang ditemukan 100 tahun lalu di pegunungan Pyrenees di Spanyol.

Baca juga : Mengenal Bunga Cantik yang Tak Suka Matahari

Hidup Sekitar 125 Juta Tahun yang Lalu

Mereka menganalisis bahwa Montesechia vidalii  itu mungkin sezaman atau bahkan bisa lebih tua dibandingkan dengan Archaefructus. 

Montesechia vidalii diperkirakan hidup 125 -130  juta tahun yang lalu, pada masa Cretaceous, saat dinosaurus masih hidup di Bumi. Karena 98 persen bunga yang masih ada sekarang hidup di daratan, banyak ilmuwan yang menganggap bahwa bunga yang pertama kali muncul, juga hidup di daratan. Nyatanya, telah ditemukan Montesechia vidalii, bunga purba yang ternyata hidup di air dan ini disebut sebagai bunga pertama di dunia.

(Kompas.com)