Gedung Walkie Talkie, Pencakar Langit yang Membuat Leleh Barang di Dekatnya

By Sylvana Toemon, Selasa, 16 Januari 2018 | 11:15 WIB
Gedung Walkie Talkie di London (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Sebuah gedung pencakar langit di London dapat membuat leleh barang-barang, lo. Gedung yang diberi nama julukan Walkie Talkie ini melelehkan kaca spion, panel mobil dan sadel sepeda yang diparkir tidak jauh dari situ. Kok, bisa begitu, ya?

Baca juga: Gedung Tertinggi di Thailand yang Unik

Sinar Matahari yang Terfokus Penghasil Panas

Gedung ini dibuat dengan permukaan cekung yang mengkilat. Apabila dilihat dari samping, bentuk dinding luarnya seperti sendok yang dimiringkan.

Sinar Matahari yang mengenainya memantul ke bagian tengah cekungan membentuk sinar matahari yang terfokus. Sinar terfokus inilah yang menghasilkan panas.

Teman-teman ada yang pernah mencoba membuat api dengan menggunakan kaca pembesar? Nah, cara kerjanya mirip seperti itu. Sinar matahari terkumpul dalam 1 titik kecil. Suhu di titik kecil ini sangat tinggi, bahkan sampai menimbulkan api.

Baca juga: Gedung Kantor Ramah Lingkungan

Bisa untuk Menggoreng Telur Ceplok

Panas yang dihasilkan oleh Gedung Walkie Talkie ini sangat tinggi, sampai suhu 93o C, mendekati titik didih air. Panas inilah yang melelehkan kaca spion, panel mobil dan sadel sepeda yang diparkir tidak jauh dari situ. Panas itu bahkan bisa digunakan untuk menggoreng telur ceplok. Ini sudah terbukti karena ada orang yang iseng memasak telur menggunakan panas dari gedung ini.

Untungnya, gelombang panas ini hanya terjadi selama 2-3 minggu saja per tahunnya pada musim panas. Setiap harinya berlangsung selama 2 jam.

Sumber: archdaily.com