Aurora di Planet Jupiter

By Sylvana Toemon, Rabu, 17 Januari 2018 | 09:10 WIB
Aurora di Planet Jupiter (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Seperti di Bumi, di Planet Jupiter juga ada aurora. Seperti apakah aurora yang terjadi di planet terbesar dalam Tata Surya ini?

Baca juga: Cahaya Cantik Aurora

Berbeda dengan Bumi

Aurora yang terjadi di Bumi terpengaruh oleh medan magnet Bumi. Aurora yang ada di kedua kutub Bumi terbentuk berpasangan. Saat di kutub utara ada aurora, di kutub selatan juga ada. Berbeda dengan yang ada di Planet Jupiter. Aurora di kutub selatan planet ini muncul dengan selang waktu tertentu, sekitar 11 menit. Sementara di kutub utaranya, aurora muncul tak tentu.

Baca juga: Tidur di Bawah Pemandangan Aurora

Belum Diketahui Penyebabnya

Pengamatan di planet terbesar itu menggunakan observatori milik ESA dan NASA mulai Juni 2016 sampai Maret 2017 yang lalu. Dari pengamatan itu terlihat titik-titik terang di kedua kutub planet ini. Titik-titik itu ukuran sebenarnya sangat besar. Penemuan itu membuat para astronom makin penasaran karena yang menyebabkan munculnya sinar X yang terlihat seperti aurora itu belum diketahui.

Baca juga: Juno, Pesawat Antariksa Pengamat Planet Jupiter

Untuk memecahkan misteri aurora ini, para astronom berharap pada Juno. Pesawat antariksa yang sekarang sedang mengorbit Planet Jupiter itu.

Sumber: sci-news.com