Selesai Direnovasi, Inilah 3 Keunggulan Stadion Utama Gelora Bung Karno

By Yomi Hanna, Kamis, 18 Januari 2018 | 08:01 WIB
Stadion GBK 2018 (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Menjelang Asian Games 2018, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sudah selesai direnovasi, lo. Kini, stadion tersebut terlihat lebih indah dari sebelumnya. Yuk, kita lihat apa saja yang keunggulan dari stadion GBK yang baru ini!

1. Memiliki Pencahayaan Terbaik

Stadion GBK kini dilengkapi dengan lampu berkekuatan 3.500 lux. Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya dan 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED. Sebab itu, pencahayaan di stadion yang baru direnovasi ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia, lo. Wow, keren, ya!

2. Kursi yang Lebih Bagus

Kursi di stadion GBK juga kini lebih bagus. Kursi-kursi yang tersedia terdiri dua jenis, yaitu satu kursi (single seat) dan kursi yang dapat dilipat (flip up). Setiap kursi dapat menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik. Ini untuk menahan aktivitas penonton yang bisa merusaknya.

Dari segi keamannya, kursi tersebut sudah mengikuti standar Federation of International Football Association (FIFA). Ini artinya, di saat kondisi darurat, dalam 15 menit stadion harus sudah kosong.

Dengan pergantian kursinya, kini stadion utama GBK bisa menampung 78.000 penonton.

3. Kualitas Lapangan

Setelah renovasi, kualitas lapangan stadion GBK juga semakin baik. Kualitas rumputnya juga diakui secara internasional.

Rumput yang digunakan untuk lapangan adalah rumput terbaik dari jenis Zoysia matrella. Lapangan tersebut juga dilengkapi dengan penyiram rumput otomatis dan sistem drainase antibanjir (zero run-off).

Rumput yang digunakan di Lapangan ABC adalah rumput imitasi (buatan), yang dipakai untuk latihan dan pemanasan. Meskipun imitasi, rumput tersebut memiliki kualitas yang terbaik.

Nah, itulah keunggulan dari SUGBK yang sekarang. Penasaran seperti apa tampilannya? Yuk, kita lihat videonya!