Lithops Julii, Batu yang Hidup

By Aan Madrus, Jumat, 19 Januari 2018 | 05:31 WIB
Kaktus Lithops julii benar-benar mirip batu. (Aan Madrus)

Bobo.id - Lithops julii adalah kaktus yang disebut batu yang hidup. Mengapa?

Menyamar jadi Batu

Kaktus ini bernama Lithops julii. Nama ini berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu lithos dan ops. Lithos artinya batu. Sedangkan ops artinya seperti atau mirip. Lithops julii adalah tanaman kaktus yang bentuknya mirip batu atau kerikil. Karenanya ada juga yang menyebutnya batu hidup.

Kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini bentuknya bulat dengan warna abu-abu atau cokelat krem. Persis seperti warna batu. Kaktus ini hidup di tempat yang kering berbatu. Sehingga tanaman ini tersamarkan keberadaannya. Itulah cara tanaman ini melindungi diri.

Baca juga: Pir Kaktus

Tak Punya Batang

Kaktus lithops julii adalah tanaman yang hampir tidak memiliki batang. Tanaman ini hanya terdiri dari satu atau beberapa buah daun berbentuk bulat yang saling berdampingan.

Sebagian besar daun itu terkubur dalam tanah. Hanya sebagian kecil yang terlihat dari luar. Daun itu tembus pandang, sehingga sinar matahari bisa tembus sampai ke bagian dalam daun untuk fotosintetis.

Baca juga: Apakah Kaktus Memiliki Daun?

Celah di antara daun itu berisi meristem. Mersitem adalah jaringan pertumbuhan pada tumbuhan yang terdiri sel-sel yang bisa membelah diri. Mersitem biasanya  terdapat pada batang maupun akar. 

Pada lithops julii, meristem menghasilkan daun baru dan bunga. Bunganya cantik, lo. Mirip bunga daysi. Ada yang berwarna putih, ada juga yang berwarna kuning.  Bunganya mekar pada musim gugur.

Foto: Creative Commons