Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ada di Indonesia

By Sylvana Toemon, Senin, 22 Januari 2018 | 10:45 WIB
Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, tertinggi di dunia (Sylvana Toemon)

Bobo.idPerpustakaan yang gedungnya tertinggi di dunia ada di Jakarta, ibu kota negara kita, lo.

Baca juga: Artikel Tentang Perpustakaan

Gedung Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Gedung baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia diresmikan pada tahun 2017 yang lalu. Gedung perpustakaan ini awalnya hanya seringgi 3 lantai. Baru sekitar 3 tahun belakangan ini dibangun gedung baru.

Gedung yang beralamat di Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11  Jakarta itu terdiri dari 27 lantai. Ada 24 lantai di atas tanah, dan 3 lantai di bawah tanah. Gedung ini tingginya 126,3 meter. Itu membuatnya menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia, mengalahkan gedung perpustakaan yang ada di Tiongkok.

Baca juga: 7 Manfaat Membaca

Bangsa yang Maju dan Perpustakaan

Bangsa yang maju selalu memiliki banyak perpustakaan tempat orang belajar. Perpustakaan adalah pusat ilmu pengetahuan. Para pendiri bangsa kita bercita-cita supaya bangsa kita menjadi bangsa yang cerdas dan maju. Gedung perpustakaan yang berada tak jauh dari Istana itu digagas oleh Presiden Soekarno. Letaknya yang berada di dekat pusat pemerintahan menunjukkan betapa pentingnya perpustakaan ini bagi bangsa kita.

Gedung perpustakaan ini tidak hanya berisi buku dan ruang baca. Di gedung baru yang nyaman ini ada juga ruang teater, ruang pameran, dan layanan khusus anak-anak.