Pameran Seni Badak Sumatra

By Sylvana Toemon, Selasa, 23 Januari 2018 | 10:30 WIB
Pameran Seni Badak Sumatra: Harta Karun Tersembunyi Indonesia (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Peduli pada badak dapat dilakukan dengan lebih mengenal badak. Kita tidak perlu ikut berkubang di lumpur, lo. Kita dapat mengenal badak lewat karya seni.

Baca juga: Kado untuk Badak Delilah

Terinspirasi dari Badak Sumatra

Pada tanggal 19 – 21 Januari 2018, diadakan pameran seni badak sumatra berjudul Harta Karun Tersembunyi Indonesia. Seluruh karya seni yang dipamerkan terinspirasi dari badak sumatra. Pameran yang bertempat di Perpustakaan Nasional, Jl. Medan Merdeka Barat ini dibuka untuk umum. Tempatnya di lantai dasar gedung perpustakaan tertinggi di Indonesia itu.

Baca juga: Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ada di Indonesia

Hasil Lelang untuk Konservasi Badak

Pameran ini melibatkan beberapa seniman dari dalam dan luar negeri. Ada yang pelukis, ilustrator, dan juga fotografer. Mereka menyumbangkan karya mereka sebagai tanda kepedulian akan kelestarian badak sumatra.

Setelah dipamerkan, karya seni ini dilelang secara daring. Hasil lelangnya akan disumbangkan untuk pelestarian badak sumatra. Selain karya seni yang dilelang, ada juga produk edisi spesial yang seluruh hasil penjualannya akan digunakan untuk konservasi badak.

Baca juga: Artikel Tentang Badak

Penting Bagi Pelestarian Hutan

Keberadaan badak sangat penting bagi pelestarian hutan. Badak yang suka menjelajah hutan sekaligus menebarkan benih tanaman. Badak juga suka memakan pucuk tanaman. Tumbuhan baru dan pucuk-pucuk tanaman akan bermunculan di hutan yang dihuni badak.

Hutan yang dihuni badak akan selalu menghasilkan oksigen bagi semua makhluk hidup, termasuk teman-teman pembaca Bobo.id.