Fête du Citron, Festival Jeruk dan Lemon

By Sylvana Toemon, Rabu, 24 Januari 2018 | 07:30 WIB
Fête du Citron, festival jeruk dan lemon di Menton, Prancis. (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Setiap tahun, kota ini dipenuhi oleh jeruk dan lemon. Buah-buahan berwarna cerah ini ditata menjadi aneka bentuk pada saat Fête du Citron, Festival Lemon.

Baca juga: Festival di Dunia

Kota Penghasil Jeruk dan Lemon

Kota Menton yang terletak di Prancis sudah lama terkenal akan lemonnya. Lemon dan jeruk dari kota ini dipasarkan ke seluruh Benua Eropa. Untuk merayakannya, sejak tahun 1929 ada pameran bunga dan jeruk  yang diselenggarakan di Hotel Riviera.

Pameran ini sukses sehingga diadakan lagi pada tahun-tahun berikutnya. Festival jeruk dan lemon Fête du Citron resmi diadakan apda tahun 1934.

Baca juga: Festival La Tomatina

Kota Menjadi Cerah dan Meriah

Fête du Citron berlangsung setiap tanggal 18 Februari sampai 9 Maret. Ruas jalan di kota ini dipenuhi oleh aneka bentuk yang dibuat dari jeruk dan lemon.

Ada yang berbentuk seperti rumah, piramida, binatang raksasa, dan lain-lain. Tingginya ada yang mencapai 10 meter, lo. Semuanya berwarna kuning dan oranye cerah.

Saat malam hari, festival ini dimeriahkan oleh kembang api yang menerangi kota itu. Kota Menton menjadi cerah dan meriah saat festival itu berlangsung.

Baca juga: Festival Argungu, Festival Nelayan di Nigeria

Ribuan Pengunjung

Festival unik ini menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Setiap tahunnya ada kurang lebih  230.000 orang yang datang khusus untuk melihat jeruk dan lemon yang ditata indah itu.

Ada lebih dari 300 orang yang bekerja menyiapkan ratusan ton jeruk dan lemon untuk festival tahunan ini. apakah kamu juga ingin berkunjung ke Menton saat Fête du Citron berlangsung?