Tari Margapati, Simbol Raja Hutan

By Putri Puspita, Rabu, 24 Januari 2018 | 10:07 WIB
Tari Margapati (Putri Puspita)

Bobo.id Tari Margapati adalah salah satu nama tarian Bali yang terkenal dan unik. Tarian ini menceritakan gerak-gerak raja hutan.

Tahun 1942

Tari Margapati merupakan karya dari seniman Bali, Bapak Nyoman Kaler. Tarian ini diciptakan pada tahun 1942.

Margapati berasal dari kata marga yang berasal dari mrega yang berarti binatang, sedangkan pati berarti mati. Tari disebut-sebut punya makna gerik-gerik raja hutan yang sedang mengintai dan siap mencari mangsa.

Baca juga: Tari Saman, dari Aceh Sampai Mancanegara

Ditarikan Perempuan

Tari Margapati sebenarnya menceritakan raja hutan yang identik dengan pemuda, tapi tarian ini ditarikan oleh seorang perempuan.

Walaupun ditarikan perempuan, tetapi tarian ini lebih banyak menampilkan gerakan yang tegas, bentuk dan liuk tangan serta kaki yang juga tegas.

Tarian ini cukup banyak menggunakan gerak permainan mata atau yang disebut nyeledet. Gerakan ini mengisahkan raja hutan yang sedang mengintai.

Kostum

Tari Margapati menggunakan kostum yang juga identik dengan pakaian pemuda, dimana kain yang digunakan lebar, tidak rapat seperti saat kain digunakan oleh perempuan.

Kemudian, penari juga menggunakan udeng atau penutup kepala bagi laki-laki di Bali saat menggunakan pakaian adat.

Baca juga: Tari Sirih Kuning dari Betawi

Tarian Margapati sering ditarikan di dalam pura saat ada upacara keagamaan, maupun di panggung kesenian. Tarian ini bisa ditarikan oleh anak-anak hingga orang dewasa.