Benarkah Bulan Berbentuk Bulat Sempurna?

By Sylvana Toemon, Rabu, 24 Januari 2018 | 11:30 WIB
Benarkah Bulan berbentuk bulat sempurna? (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Kita tahu bahwa Bulan berbentuk bulat seperti bola. Apakah benar Bulan berbentuk bulat sempurna?

Baca juga: Mengapa Bulan Selalu Terlihat Mengikuti Kita?

Bulat Tak Sempurna

Saat purnama, Bulan terlihat bundar. Itu membuat kita menduga Bulan berbentuk bulat. Ya, Bulan memang berbentuk bulat. Namun, bulatnya tidak sempurna. Hanya saja kita tidak dapat melihatnya.

Bentuk Bulan terpengaruh oleh gaya gravitasi Bumi. Gaya tarik Bumi itu membuat permukaan Bulan yang menghadap Bumi tertarik. Itu mengakibatkan bentuk satelit alami Bumi ini menjadi lonjong atau oval.

Baca juga: Mengapa Bulan Selalu Terlihat Sama?

Sudut Pandang Tertentu

Bulan terlihat Bundar karena kita memandangnya dari sudut pandang tertentu yang membuatnya terlihat bundar. Untuk lebih mudahnya, kita bandingkan dengan telur ayam. Apabila kita melihatnya dalam posisi “berdiri” maka telur akan terlihat oval. Namun, apabila telur dilihat dalam posisi “berbaring” dilihat dari arah samping, bentuknya bundar.

Bentuk oval Bulan itu tidak sampai membuatnya lonjong seperti telur. Namun, itu membuat jarak pusat Bulan ke permukaannya (radius) tidak selalu sama. Ditambah lagi dengan permukaan Bulan yang tidak rata. Akibatnya, radius tiap tempat di Bulan tidak selalu sama dan bentuknya tidak bulat sempurna.