5 Spesies Badak di Dunia

By Sylvana Toemon, Kamis, 25 Januari 2018 | 09:10 WIB
Lukisan yang terinspirasi dari badak (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Badak adalah satu-satunya hewan mamalia yang bercula. Ada 5 spesies badak di dunia. Dua di antaranya hanya ada di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Badak Lebih Dekat

1. Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis). Badak ini memiliki 2 cula dan rambut yang lebat. Badak sumatra tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan badak lainnya. Badak ini dapat ditemukan di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

2. Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Seperti namanya, badak ini berasal dari Pulau Jawa. Ciri khasnya memiliki cula 1 dan ada lipatan kulit di punggungnya. Badak jawa saat ini hidup terlindung di Taman Nasional Ujung Kulon.

3. Badak India (Rhinoceros unicornis). Badak bercula satu ini memiliki lipatan kulit pada daerah bokong dan punggungnya. Saat dilahirkan, badak india berambut banyak. Setelah tumbuh dewasa, rambut badak ini hanya tersisa si ujung ekor dan telinga.

4. Badak Hitam Afrika (Diceros bicornis). Badak bercula dua ini adalah spesies badak yang ukurannya paling besar. Cula depannya sangat panjang, dapat mencapai lebih dari 1 meter. Warna badak ini tidak selalu hitam, tergantung warna tanah tempatnya berkubang.

5. Badak Putih Afrika (Ceratotherium simum). Badak bercula dua ini tinggal di daerah savana Afrika. Warna putih tubuhnya berasal dari tanah kubangannya. Badak ini jumlahnya berkurang banyak selama beberapa puluh tahun ini karena perburuan.

Baca juga: Artikel Tentang Badak

Keberadaan badak di dunia ini sangat penting bagi pelestarian hutan. Kita juga dapat membantu pelestarian badak dengan cara lebih mengenal badak.