Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI

By Sylvana Toemon, Jumat, 26 Januari 2018 | 03:10 WIB
Ruang layanan anak di Perpustakaan Nasional RI, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta. (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan memiliki ruang khusus untuk layanan anak. Seperti apakah tempat ini?

Baca juga: Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ada di Indonesia

Dirancang untuk Anak-anak

Ruang layanan anak berada di lantai 7. Ruangan ini dirancang khusus untuk anak-anak, dengan menggunakan warna-warni ceria. Pada dinding dan pilar ruangan ini, ada gambar-gambar yang terinspirasi dari cerita rakyat Indonesia. Perlengkapan dalam ruangan ini juga disesuaikan dengan anak-anak. Misalnya ukuran tempat duduknya berukuran lebih kecil, dan raknya lebih pendek.

Baca juga: 3 Perpustakaan Dengan Desain Keren di Dunia

Ruang yang Nyaman

Ruang baca yang nyaman ini dilengkapi dengan pendingin ruangan yang membuat udara sejuk. Kita dapat membaca sambil duduk di kursi, bantal sofa, atau di lantai. Kita harus melepaskan alas kaki saat masuk ke dalam ruangan berlapis karpet ini. Ada rak khusus untuk tempat menitipkan alas kaki di depan ruang ini. Ruangan ini juga rutin dibersihkan.

Baca juga: 5 Perpustakaan Tertua di Dunia

Buku, Permainan Edukasi, Panggung Dongeng

Di ruangan ini ada banyak buku untuk pembaca anak-anak. Ada buku pengetahuan dan juga buku cerita. Ada juga aneka permainan edukasi. Semuanya dapat kita gunakan secara gratis. O ya, pada hari-hari tertentu, di ruangan ini juga ada kakak-kakak yang mendongeng. Ada panggung khusus untuk acara dongeng ini.

Ruangan khusus anak ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Apakah kamu ingin berkunjung ke tempat ini?