Panel Surya di Atas Lintasan Sepeda

By Sylvana Toemon, Senin, 5 Februari 2018 | 10:00 WIB
Panel surya di atas lintasan sepeda di Korea Selatan (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Bersepeda di jalan raya di tengah panas terik tentunya akan terasa panas menyengat. Tidak demikian di jalur khusus sepeda ini. Jalur ini dinaungi oleh atap khusus yang juga berfungsi sebagai panel surya.

Baca juga: Jalan Terang Khusus untuk Sepeda

Menghubungkan Dua Kota

Jalur sepeda ini menghubungkan kota Daejon dan Sejong di Korea Selatan. Jalur sepeda yang panjangnya 20 mil atau sekitar 32 km itu terletak di tengah-tengah jalan raya yang menghubungkan kedua kota itu. Solar panel yang diletakkan di atas jalur ini digunakan sebagai sumber tenaga untuk lampu jalan dan juga keperluan lainnya di sepanjang jalan itu.

Baca juga: Elevator Khusus Sepeda di Norwegia

Atap dan Pagar

Selain diberi atap berpanel surya, jalur khusus sepeda ini diberi pagar. Sehingga pengendara tetap aman dan tidak tertabrak kendaraan bermotor pengguna jalan raya. Namun dengan adanya pagar ini, pengendara sepeda jadi tidak dapat menikmati pemandangan. Selain itu, apabila ada banyak kendaraan bermotor yang melewati jalan ini, maka gas dari knalpotnya akan mengganggu dan suaranya sangat berisik. Di sisi lain, pengendara sepeda dapat mengayuh sepedanya di bawah keteduhan atap berpanel surya ini.

Apakah kamu ingin bersepeda di jalan khusus sepeda ini?

Sumber: treehugger.com, solarbusinesshub.com