Lebih Baik Wortel yang Dimasak atau Mentah?

By Putri Puspita, Selasa, 6 Februari 2018 | 05:31 WIB
Wortel di dalam sup (Putri Puspita)

Bobo.id Wortel adalah makanan yang sehat untuk tubuh kita. Wortel bisa disajikan dalam berbagai macam bentuk. Namun, mana, ya, yang paling sehat?

Memasak Wortel

Sebuah penelitian yang dilakukan di Arkansas, Amerika Serikat, ditemukan bahwa wortel yang sudah dimasak mengandung antioksidan yang lebih banyak, sekitar 34%, dibandingkan dengan wortel yang masih mentah.

Selain antioksidan, kandungan falkarinol (antikanker) pun lebih banyak yang sudah dimasak dibanding yang mentah.

Hal ini bisa terjadi karena terjadi penurunan kemampuan menahan air pada wortel yang sudah dimasak, sehingga konsentrasi falkarinol meningkat.

Proses pengolahan yang dianjurkan untuk mendapatkan falkarinol adalah merebus wortel dalam keadaan utuh (tidak dipotong).

Baca juga: Ternyata, Warna Asli Wortel Bukan Oranye

Hasil studi yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry pun menuliskan bahwa merebus wortel sebenarnya dapat meningkatkan kandungan karotenoidnya sebesar 14%.

Hal ini terjadi karena proses pemanasan membuat karotenoid lebih mudah dicerna.

Dimakan Mentah

Mengonsumsi wortel dalam kondisi mentah, tentunya setelah dicuci bersih, tidak sepenuhnya buruk.

Kandungan polifenol pada wortel sebenarnya akan rusak ketika dimasak. Selain itu, vitamin C yang terdapat di dalam wortel pun juga bisa berkurang karena proses perebusan.

Pilih yang mana pun, bisa disesuaikan dengan kebutuhan nutrisimu. Intinya, wortel adalah makanan sehat yang bisa disajikan dalam berbagai macam makanan yang lezat.