Galaksi SagDIG, Galaksi Terkecil yang Pernah Diamati di Alam Semesta

By Sylvana Toemon, Minggu, 11 Februari 2018 | 03:10 WIB
Galaksi SagDIG, galaksi terkecil yang pernah diamati di alam semesta (Sylvana Toemon)

Bobo.idGalaksi ini ukurannya sangat kecil apabila dibandingkan dengan Galaksi Bimasakti, galaksi tempat Bumi kita berada.

Baca juga: Bimasakti, Galaksi Tempat Bumi Kita Berada

Galaksi yang Bentuknya Tak Beraturan

Galaksi SagDIG berada di rasi bintang Sagitarius. Nama galaksi ini adalah singkatan dari Sagittarius Dwarf Irregular Galaxy atau disingkat sebagai SagDIG.

Dari namanya kita sudah dapat mengetahui bentuk galaksi ini kerdil dan tidak beraturan. Galaksi ini ditemukan oleh Diego Cesarsky, seroang astronom dari Prancis pada tahun 1977. Galaksi ini dikenal juga dengan nama PGC 63287.

Baca juga: Bentuk Galaksi di Alam Semesta

Bagian Gugus Galaksi Grup Lokal

Galaksi SagDIG jaraknya sekitar 3 juta tahun cahaya dari Bumi. Seperti juga Galaksi Bimasakti, Galaksi SagDIG ini adalah bagian dari gugus galaksi Grup Lokal. Galaksi SagDIG adalah galaksi yang letaknya paling jauh di gugus galaksi ini.

Baca juga: Ada Berapa Banyak Galaksi di Alam Semesta

Galaksi Kecil

Diameter galaksi ini sekitar 3000 tahun cahaya. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan Galaksi Bimasakti yang diameternya sekitar 100.000 tahun cahaya. Galaksi Andromeda diameternya 220.000 tahun cahaya. Jumlah bintang di galaksi ini juga lebih sedikit dibandingkan galaksi pada umumnya.