Madurodam, Kota Miniatur di Belanda

By Sylvana Toemon, Sabtu, 10 Februari 2018 | 09:10 WIB
Madurodam, kota miniatur di Belanda (Sylvana Toemon)

Bobo.idMadurodam adalah sebuah kota kecil di Belanda. Tidak hanya ukuran kotanya yang kecil. Bangunan-bangunan di kota ini ukurannya juga kecil. Madurodam adalah kota miniatur.

Baca juga: Kota-Kota Unik di Dunia

Kota Miniatur

Madurodam terletak di Scheveningen, Belanda. Kota miniatur ini pertama dibuka pertama kali pada tahun 1952. Sejak saat itu, ada banyak pengunjung yang datang untuk melihatnya. Nama Madurodam digunakan sebagai penghargaan pada George Maduro, orang yang berjasa pada saat terjadi pertempuran antara Belanda melawan Jerman.

Baca juga: Fakta Unik Belanda

Bangunan Terkenal di Seluruh Belanda

Madurodam dirancang sebagai sebuah kota dengan bangunan-bangunan terkenal dari seluruh Belanda. Ada bangunan sejarah, ada juga bangunan modern. Bangunan-bangunan itu dibuat dengan skala 1:25. Artinya setiap 1 meter bangunan miniatur itu, mewakili 25 meter bangunan sebenarnya.

Baca juga: Di Belanda Ada Becak

Memiliki Wali Kota dan Warga

Seperti kota-kota lainnya di dunia, kota ini juga memiliki sistem transportasi. Di kota ini ada jalur kereta api, jalan raya, bandara, dan pelabuhan yang benar-benar beroperasi. Kota miniatur ini memiliki wali kota. Putri Beatrix, yang kelak menjadi Ratu Belanda, pernah menjadi wali kota di Madurodam pada tahun 1952.

Kota ini juga memiliki ribuan warga berbentuk boneka. Ada yang terlihat berjalan kaki, menjadi penumpang kendaraan, dan berada di bangunan. Kamu akan terlihat seperti raksasa di kota ini.