Haumea, Planet Kerdil Berbentuk Seperti Telur

By Sylvana Toemon, Selasa, 27 Februari 2018 | 07:30 WIB
Haumea, planet kerdil berbentuk seperti telur (Sylvana Toemon)

Bobo.idPlanet kerdil yang diberi nama Haumea, nama dewi kesuburan Hawaii. Apa lagi keistimewaannya, ya?

Baca juga: Sabuk Kuiper, Rumah Bagi Para Planet Kerdil

Sabuk Kuiper

Planet Haumea mengorbit Matahari di Sabuk Kuiper, yang letaknya lebih jauh dari orbit Planet Neptunus. Ukurannya hampir sama dengan Pluto. Planet kerdil yang memiliki 2 satelit ini ditemukan oleh tim dari Observatorium Palomar yang dipimpin oleh Mike Brown pada tahun 2004. Sebelum mendapatkan nama resmi, planet kerdil yang ditemukan tak lama setelah hari Natal ini diberi nama julukan “Santa”.

Baca juga: Putri Salju di Tata Surya Kita

Berbentuk Telur

Planet kerdil yang bentuknya tidak bulat sempurna. Bentuknya lonjong seperti telur. Bentuk uniknya ini membuatnya mendapatkan nama Haumea. Telur adalah lambang kesuburan. Haumea adalah nama dewi kesuburan Hawaii. Dua satelit yang mengelilinginya diberi nama Hi’imaka dan Namaka, seperti nama kedua putri Haumea.

Baca juga: Efek dari Rotasi Bumi

Rotasi Cepat

Planet kerdil ini diameternya sekitar 2300 km. Haumea berputar pada porosnya setiap 4 jam sekali. Ini adalah rotasi benda langit tercepat di Tata Surya. Rotasi yang cepat itu membuat bentuk planet kerdil ini menjadi lonjong. Dari penyelidikan diketahui permukaan Haumea terdiri dari batu-batu yang ditutupi oleh lapisan tipis es.