Planet Uranus, Planet Es yang Memiliki 27 Satelit Bernama Tokoh Karangan Shakespeare

By Sylvana Toemon, Jumat, 30 Maret 2018 | 03:10 WIB
Lima satelit terbesar Planet Uranus yaitu Puck, Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Planet Uranus menempati urutan ke-7 dalam Tata Surya kita. Planet ini memiliki 27 satelit alami yang mengelilinginya.

BACA JUGA: Planet Uranus, Planet yang Menggelinding

Planet dan Satelitnya yang Penuh Misteri

Temperatur di planet yang berwarna hijau kebiruan ini sangat dingin. Sebagian besar planet ini ditutupi oleh es. Galileo Galilei pernah melihat planet ini ratusan tahun yang lalu. Sampai sekarang masih banyak misteri di planet ini yang belum terungkap. Selain misteri planet itu sendiri, ada juga misteri satelit alaminya yang saat ini diketahui berjumlah 27 buah.

BACA JUGA: Aurora di Planet Uranus

Nama Tokoh Karangan William Shakespeare dan Alexander Pope

Satelit alami yang mengelilingi Planet Uranus diberi nama seperti tokoh-tokoh dalam karya William Shakespeare dan Alexander Pope yaitu Cordelia, Ophelia, Bianca, Cressida, Desdemona, Juliet, Portia, Rosalind, Cupid, Belinda, Perdita, Puck, Mab, Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, Francisco, Caliban, Stephano, Trinculo, Sycorax, Margaret, Prospero, Setebos, dan Ferdinand. Namanya bagus-bagus, ya…

Titania adalah satelit Uranus yang terbesar. Ukurannya sekitar 1/8 kali Bulan, satelit alami Bumi.

Gravitasinya 30 kali lebih kecil dibandingkan Bumi. Seperti juga planet induknya, satelit-satelit Planet Uranus ini semuanya dingin membeku.