Ketahui 5 Hal Seputar Hutan, Yuk! Supaya Kita Makin Sayang Hutan

By willa widiana, Senin, 7 Mei 2018 | 06:31 WIB
Hutan Ashridge di musim semi (willa widiana)

Bobo.id – Hutan adalah tempat tinggal bagi banyak makhluk hidup, seperti binatang dan tumbuhan.

Hutan juga bisa menjadi sumber makanan dan obat-obatan bagi manusia.

Jadi, keberadaan hutan sangat penting!

Meski peran hutan sangat besar, banyak orang yang  tidak terlalu peduli dengan keberadaan hutan dan makhluk di dalamnya.

Bicara soal hutan, ada lima hal seputar hutan yang harus teman-teman ketahui, nih!

1. Hutan Berubah

Saat ini, banyak hutan yang berubah menjadi perkebunan. Bahkan, ada juga hutan yang digunduli untuk diubah jadi daerah pemukiman.

Padahal, mengubah hutan menjadi perkebunan atau daerah pemukiman bisa memperburuk perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi.

BACA JUGA: Perubahan Iklim Membuat Hutan Ini Dipenuhi Bunga!?

2. 1,6 Miliar Manusia Butuh Hutan

Ada 1,6 miliar manusia yang membutuhkan hutan, entah untuk mencari makanan, mencari bahan bakar, hingga mencari uang dengan cara menjual hasil hutan.

Selain manusia, binatang darat dan tumbuhan juga membutuhkan hutan. Bagi binatang dan tumbuhan, hutan adalah sumber kehidupan dan tempat berlindung.

BACA JUGA: Hutan Kecil di Bodogol?

3. Alat Penyerap Karbondioksida

Selain menjadi tempat tinggal dan sumber makanan, hutan juga menjadi alat penyerap karbondioksida terbesar kedua, setelah lautan.

Menurut perkiraan, hutan bisa menyerap satu triliun karbondioksida. Karbondioksida itu bisa diolah bersama air menjadi udara segar.

BACA JUGA: Hutan Ajaib Maleficent di Dunia Nyata?

4. Ditebangi

Meski peran hutan cukup besar, penebangan hutan tetap terjadi di berbagai tempat. Salah satunya di Indonesia.

Dalam satu tahun, 13 juta hektar hutan hilang karena ditebangi. O iya, hutan di Indonesia dan Brazil adalah hutan yang paling banyak ditebangi.

BACA JUGA: Hutan Biru yang Indah?

5. Ribuan Tahun

Tanaman di hutan itu banyak, mulai dari pohon yang tingginya mencapai ratusan meter, hingga semak-semak yang tingginya hanya beberapa sentimeter.

O iya, di hutan juga banyak pohon yang sudah berusia ribuan tahun, lo!

Pohon yang sudah ribuan tahun biasanya berukuran besar, jadi bisa menyerap karbondioksida lebih banyak dan menyimpan air lebih banyak juga.

Itulah lima hal seputar hutan yang harus teman-teman ketahui. Semoga, lima hal di atas bisa membuat teman-teman lebih sayang hutan!

Foto: Creative Commons