Ternyata, Beberapa Hewan Suka Tidur dengan Mata Terbuka Sebelah

By willa widiana, Sabtu, 12 Mei 2018 | 11:00 WIB
Berkenalan dengan Lumba-Lumba (willa widiana)

Bobo.id - Beberapa jenis hewan, ternyata, tidur dengan satu mata terbuka. Kenapa bisa begitu, ya?

Hewan-hewan yang tidur dengan satu mata terbuka, di antaranya adalah lumba-lumba, buaya, lembu laut, anjing laut, walrus, dan beberapa jenis burung tertentu.

BACA JUGA: Kenapa Kita Ngiler Saat Tidur?

Tidur dengan satu mata terbuka itu disebut unihemispheric sleep. Kenapa satu mata terbuka? Itu karena setengah otaknya tetap terjaga atau tidak tidur. Sementara setengah otaknya yang lain tidur dan satu matanya yang lain terpejam.  

Dengan tidur satu mata terbuka dan setengah otak tidak tidur, hewan ini tetap dapat mengawasi sekitarnya meskipun sedang tidur. Jadi, jika ada bahaya mengancam, si hewan bisa segera bertindak.

BACA JUGA: Apa yang Dilakukan Otak Saat Tidur?

Selain untuk mengawasi adanya bahaya, tidur dengan satu mata terbuka juga membuat hewan tertentu dapat menjaga pernapasannya. Contohnya, lumba-lumba yang sesekali harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas, meskipun sedang tidur.

BACA JUGA: Berapa Lama Kita Harus Tidur?

Unik juga, ya, hewan-hewan yang tidur dengan satu mata terbuka. Kalau kita, manusia, tidur dengan kedua mata tertutup dan seluruh otak benar-benar beristirahat. Itu disebut bihemispheric sleep.  

Teks: Lita, Sumber data : discovery.com, Foto : creativecommons.org