Bobo.id - Siapa yang rutin melakukan olahraga? Olahraga itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.
Dengan berolahraga, kita akan memiliki tubuh yang segar dan bugar sehingga kita tetap sehat.
Olahraga ada banyak jenisnya, mulai dari olahraga permainan, olahraga atletik, olahraga akuatik, senam, dan lain-lain.
Baca Juga: Olahraga Membuat Berkeringat, Cari Tahu Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berolahraga, yuk!
Sayangnya, sekarang ini, banyak orang yang malas berolahraga dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu di depan gadget atau televisi.
Nah, dari permasalahan ini, seorang anak kelas 5 SD berhasil membuat sebuah karya ilmiah untuk mengajak kita semua rutin berolahraga dengan komputer.
Hasil karya teman kita yang bernama Anneke Nazeeya Setiawan ini bahkan menjadi juara satu kategori SD dalam acara Kalbe Junior Scientist Award 2019, lo.
Baca Juga: Jantung Berdetak Cepat ketika Olahraga, Apa yang Terjadi pada Tubuh, ya?
Karya Ilmiah Bernama Kick It Out
Karya yang dibuat oleh Anneke diberi nama Kick It Out. Ini merupakan sebuah permainan fisik di mana kita diajak untuk bermain sambil bergerak.
Kick It Out ini dijalankan di komputer dan membuat kita harus aktif bergerak, teman-teman.
Cara bermainnya adalah kita harus bergerak di body area. Body area ini bisa kita lihat di layar komputer.
Baca Juga: Selain Olahraga, 5 Aktivitas Ini Bisa Dilakukan untuk Membakar Kalori
Setelah itu, target yang berbentuk seperti bola akan muncul di layar komputer. Kita harus menendang atau memukul target itu.
Dengan permainan ini, diharapkan orang-orang jadi tertarik untuk lebih banyak bergerak meski bermain di dalam ruangan sehingga bisa punya tubuh yang lebih sehat.
Permainan ini juga bisa melatih kita untuk berlatih jurus-jurus tendangan taekwondo dengan cara yang sangat seru, lo.
Baca Juga: Bisa Berdampak Buruk, Kenapa Banyak Orang Malas Bergerak dan Berolahraga, ya?
Ide dari Melihat Banyak Orang yang Sering Bermain Gadget
Anneke menceritakan bahwa ide karya ilmiah yang dibuatnya ini didapat dari kegiatan orang-orang di sekitarnya.
Banyak orang, termasuk juga anak-anak seusia kita, yang sering bermain gadget dalam waktu yang cukup lama.
Banyak waktu yangt dihabiskan untuk menunduk sambil bermain gadget dan jadi tidak banyak bergerak.
Baca Juga: Suka Game? Coba Kunjungi Wahana Permainan Olahraga Berbasis AR, yuk!
Dari sinilah, Anneke akhirnya membuat sebuah permainan di komputer yang membuat orang-orang bisa banyak bergerak.
Dalam membuat karya ini, ternyata Anneke menemukan kesulitan, teman-teman.
Kesulitannya yaitu di saat harus memasukkan sensor ke dalam permainan ini supaya target bisa bergerak saat ditendang atau dipukul.
Namun, Anneke tetap terus berusaha hingga permainan ini jadi dan akhrinya Anneke menjadi juara satu di Kalbe Junior Scientist Award 2019.
Baca Juga: Para Pemenang Kalbe Junior Scientist Award 2019 Berhasil Jadi Ilmuwan Cilik
Lihat video ini juga, yuk!
Terbit Hari Ini, Mengenal Dongeng Seru dari Nusantara di Majalah Bobo Edisi 35, yuk!
Penulis | : | Cirana Merisa |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR