Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa itu reklame?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar) supaya laku.
Tahukah kamu reklame sebenarnya dari Bahasa Spanyol, yaitu re dan clomos.
Re artinya berulang-ulang atau kembali, sedangkan clomos artinya berseru. Jika menjadi satu kata, maka artinya seruan yang dilakukan berulang-ulang.
Secara keseluruhan reklame bisa juga diartikan sebagai karya seni yang tujuannya untuk mengajak, menganjurkan, atau menawarkan sebuah produk ke pada calon pembeli (konsumen).
Biasanya reklame dibuat semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Nah, sekarang kita cari tahu fungsi reklame, syarat-syarat reklame, dan macam-macam reklame, yuk!
Baca Juga: Banyak yang Kecewa karena Makanan di Iklan Terlihat Berbeda dengan Aslinya, Ayo, Ketahui Alasannya!
Baca Juga: Contoh Penggunaan Kata 'di' dan Penggunaan Huruf Kapital dalam Kalimat atau Judul
Fungsi Reklame
Reklame bisa juga disebut sebagai iklan. Nah, berikut ini adalah fungsi reklame atau iklan:
- Memberi informasi pada masyarakat atau konsumen tentang suatu barang, jasa, atau bahkan perusahaan.
- Memengaruhi masyarakat atau konsumen untuk mencari tahu, membeli, atau menggunakan produk yang direklamekan.
- Membentuk suatu kesan baik pada produk yang direklamekan.
- Sebagai alat komunikasi dari penjual pada konsumen.
Baca Juga: Contoh Penulisan Kata Partikel 'lah', 'kah', dan 'pun', Seharusnya Dipisah atau Disambung?
Syarat-Syarat Reklame
Berikut ini adalah beberapa syarat untuk membuat reklame yang baik:
- Mencolok dan menarik
Jika reklame mencolok, maka ia akan menarik perhatian banyak orang. Mencolok di sini bukan hanya dari desain, tapi juga ukuran dan penempatan reklame.
- Menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas
- Jujur
Isi atau pesan yang ada di reklame harus sesuai dengan apa yang ada. Tidak boleh dilebih-lebihkan, sehingga tidak sesuai.
- Dilakukan berulang-ulang
Baca Juga: Tujuan Mengidentifikasi Teks Non-Fiksi dan Caranya, Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6
Macam-Macam Reklame
1. Reklame berdasarkan tujuan
- Reklame komersial
- Reklame non komersial
2. Reklame berdasarkan sifatnya
- Reklame penerangan
- Reklame peringatan
- Reklame permintaan atau ajakan
3. Reklame berdasarkan tempat pemasangannya
- Reklame dalam ruangan
- Reklame luar ruangan
4. Reklame berdasarkan media
- Reklame Audio
- Reklame visual
Baca Juga: Inilah Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukungnya dari Tayangan 'Mengapa Masakan Indonesia Enak-Enak?'
Baca Juga: Mengapa Menulis Sebuah Paragraf Harus Menentukan Gagasan Pokok Terlebih Dahulu?
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di https://www.gridstore.id
Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com
Penulis | : | Sarah Nafisah |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR