Bobo.id - Saat belajar informatika dasar pada kelas 7 SMP, kita mulai belajar mengenai programming atau pemrograman dengan bahasa pemrograman Scratch.
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan pemrograman adalah sebagai media komunikasi antara manusia dengan komputer.
Sehingga manusia dapat memerintahkan mesin secara spesifik apa yang harus dilakukan lewat bahasa programan.
Dengan belajar bahasa pemrograman, kita dapat membuat program sederhana, lo, teman-teman.
Anak-anak seperti kita juga bisa belajar menulis program dengan bahasa pemrograman yang bernama Scratch.
Apakah bahasa pemrograman Scratch itu? Yuk, kita berkenalan dengan program Scratch.
Apa Itu Scratch?
Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang interaktif dan cocok digunakan anak-anak atau pemula yang ingin belajar pemrograman.
Dengan Scratch kita bisa membuat animasi, permainan, dan kreasi menarik yang lain, teman-teman.
Scratch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa menulis kode.
Baca Juga: Algoritma Pemrograman: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Penggunaan Scratch adalah dengan drag and drop blok blok kode yang sudah disediakan kemudian disusun dan membentuk sebuah logika yang bisa dijalankan sehingga menjadi program.
Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh oleh MIT MEDIA LAB dari Massachusetts Institute of Technology.
Scratch memang dirancang untuk usia 8 sampai 16 tahun. Meskipun begitu, setiap orang dari segala umur bisa menggunakan Scratch sebagai media pembelajaran bahasa pemrograman.
Menggunakan Scratch
Untuk akses online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/.
Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download.
Teman-teman perlu daftar pada akun Scratch dengan cara:
1. Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, lalu daftarkan akun yang dimiliki dan ikuti sesuai langkah.
Username dan password yang digunakan perlu diingat dan dicatat jika perlu.
Gunakan selalu akun yang sama untuk akses Scratch sehingga tersimpan semua hasil kerja teman-teman.
2. Apabila sudah memiliki akun, teman-teman bisa langsung masuk atau login menggunakan akun yang sesuai dengan memilih menu Sign in di bagian atas kanan menu.
3. Setelah berhasil login, akan muncul halaman home.
Mengenal Lembar Kerja Scratch
Mari, mengenal apa saja yang dapat kalian lakukan di Scratch.
Create di menu atas Home, lalu akan muncul tampilan seperti berikut:
1. Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.
2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A.
Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D.
Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G).
Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
3. Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
Baca Juga: Algoritma Pemrograman: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.
5. Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.
6. Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.
7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.
8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.
Teman-teman, itulah pengenalan bahasa pemrograman Scratch untuk kalian yang ingin belajar pemrograman sebagai pemula.
Kemampuan bahasa pemrograman sangat berguna dan dibutuhkan di zaman sekarang, lo.
Sekarang, kita telah memasuki Revolusi Industri keempat yang banyak menggunakan teknologi digital.
Sehingga kemampuan programming akan banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.
Yuk, mulai belajar pemrograman!
Jangan lupa untuk bertanya dan berdiskusi dengan guru kalian juga, ya!
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Tentang Analisis Data Pelajaran Informatika
----
Kuis! |
Siapa yang menciptakan bahasa pemrograman Scratch? |
Petunjuk: Cek halaman 2! |
Tonton video ini juga, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
15 Dampak Positif Globalisasi bagi Kesenian Daerah, Materi Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR