Follow Us

Jeli Merawat Buku Kesayangan

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 24 September 2013 | 06:00
Jeli Merawat Buku Kesayangan
Devi F. Yuliwardhani

Jeli Merawat Buku Kesayangan

Bagi Anda yang mengkoleksi buku, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar perawatannya. Berikut ini beberapa tips merawat buku di rumah.

Pastikan untuk melapisi buku Anda dengan sampul plastik. Memberikan sampul plastik dapat melindungi buku Anda dari debu dan kotoran, sehingga buku Anda lebih terawat dan awet.Jangan menekuk buku sampai ke belakang, begitu pula dengan menekuk halamannya sebagai pembatas. Perilaku ini dapat merusak buku kesayangan Anda.Tutup buku saat Anda sedang tidak membacanya. Jangan biasakan menelungkupkan buku di tengah halaman jika tidak membacanya.Simpan buku pada tempat yang kering dan tidak langsung terpapar sinar matahari. Jaga agar tetap di suhu ruangan 16-21 derajat celcius. kelembapan udara jadi musuh terbesar buku Anda.

Pastikan untuk melapisi buku Anda dengan sampul plastik. Memberikan sampul plastik dapat melindungi buku Anda dari debu dan kotoran, sehingga buku Anda lebih terawat dan awet.

Jangan menekuk buku sampai ke belakang, begitu pula dengan menekuk halamannya sebagai pembatas. Perilaku ini dapat merusak buku kesayangan Anda.

Tutup buku saat Anda sedang tidak membacanya. Jangan biasakan menelungkupkan buku di tengah halaman jika tidak membacanya.

Simpan buku pada tempat yang kering dan tidak langsung terpapar sinar matahari.

Jaga agar tetap di suhu ruangan 16-21 derajat celcius. kelembapan udara jadi musuh terbesar buku Anda.

Foto : Dok.iDEA(Dari berbagai sumber)

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest