Matahari, Pusat Tata Surya

  • Rabu, 8 Maret 2017 15:46 WIB

Matahari, pusat tata surya | creative commons

Bumi yang kita tempati ini adalah bagian dari Tata Surya. Di tengah-tengah Tata Surya, ada Matahari sebagai pusatnya.

Bola Gas Panas yang Besar Sekali

Matahari adalah suatu bola gas panas yang besar sekali. Bentuknya nyaris bulat sempurna. Garis tengahnya sepanjang 1.392.000 km atau sekitar 109 kali garis tengah Bumi. Massa atau berat totalnya 331.950 kali Bumi.

Matahari jauh lebih panas suhunya dibandingkan api yang ada di Bumi. Suhu di permukaan Matahari mencapai 6000 o C. Suhu di pusat Matahari jauh lebih panas lagi, mencapai 15.000.000 o C. Dengan suhu sepanas itu, tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup di Matahari.

Bintik Matahari

Bintik Matahari adalah bercak suram yang terlihat di permukaan Matahari. Bentuknya bermacam-macam dan bisa berubah-ubah. Bila dilihat dengan teleskop khusus, bintik Matahari terlihat seperti petak suram dikelilingi daerah yang lebih terang.

Daerah sekelilingnya terlihat 5 kali lebih cemerlang dibandingkan dengan bintik Matahari. Bintik Matahari sebenarnya adalah badai di permukaan Matahari. Seperti juga badai yang ada di Bumi, badai di Matahari juga bergerak.

Badai itu kadang membesar, kadang mengecil. Itulah yang membuat bintik matahari bentuknya berubah-ubah. Suhu di tengah bintik Matahari kurang lebih 4000 o C.

Fotosfer dan Kromosfer

Permukaan Matahari, tempat sinarnya berasal, dinamakan fotosfer. Di sekeliling fotosfer ada gas merah cemerlang yang disebut kromosfer. Kromosfer adalah lapisan gas yang melapisi Matahari bagaikan atmosfer melapisi Bumi. Kromosfer terdiri dari berbagai macam gas, bagian terbesarnya adalah hidrogen dan helium.

Prominensa di permukaan Matahari
Prominensa di permukaan Matahari

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

21 jam yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Dibayar dengan Senyum

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×