Planet Berlian, Harta Karun di Luar Angkasa

  • Rabu, 19 Juli 2017 15:32 WIB

Planet Berlian | mysteryplanet.com.ar

Di gelapnya langit, planet ini bersinar terang bagai berlian. Eh, ternyata sepertiga dari planet ini memang terdiri dari berlian, lo! Tidak heran jika ia mendapat julukan Planet Berlian.

Dua Kali Besar Bumi

Namanya 55 Cancri-e. Planet ini besarnya dua kali lipat dari planet kita dan memiliki massa 8 kali Bumi. Oleh sebab itu, planet ini disebut planet Super Earth atau Bumi Super. Planet ini merupakan salah satu dari 5 planet yang mengorbit bintang 55 Cancri, di rasi bintang Cancer.

Mengandung Berlian Padat

Yang membuatnya unik, planet ini memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sebanyak 75 persen kandungan dari planet ini adalah berlian padat! Para astronom sering menyebutnya Diamond Planet atau Planet Berlian. Ada juga yang menganggap bahwa planet ini merupakan harta karun di luar angkasa, sehingga menjulukinya Planet Harta Karun.

undefined
Perbandingan 55 Cancri-e dengan Bumi

Bisa Dilihat dari Bumi

Jarak Planet Berlian ini 40 tahun cahaya dari planet kita, lo! Atau sama dengan 230 triliun mil dari Bumi. Wah, jauh sekali, ya! Walaupun begitu, kita masih bisa melihat planet ini dari Bumi dengan mata telanjang.

Tidak Dapat Dihuni

Berbeda dengan Bumi, planet ini tidak dapat dihuni. Jika kita memerlukan 365 hari untuk mengitari Matahari, 55 Cancri-e hanya memerlukan waktu 17 jam 41 menit untuk mengitari bintang induknya. Hal ini karena letaknya yang sangat dekat dengan bintang induk. Bahkan saking dekatnya, suhu udara di planet ini mencapai 2.700 derajat celcius! Tak hanya itu, bintang induk di sini akan tampak 60 kali lebih besar dan bersinar 3.600 kali lebih terang di langit.

Itulah sebabnya, 55 Cancri-e tidak dapat dihuni oleh makhluk hidup. Selain itu, planet ini memiliki kadar karbon yang tinggi. Udara di sini juga bukan oksigen, melainkan hydrogen sianida, atau asam yang memiliki racun yang luar biasa kuatnya.

Reporter : Danastri Permata Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×