Carica, Buah Khas dari derah Wonosobo

  • Senin, 17 Juli 2017 18:40 WIB

Buah carica | Foto: caricaku.com

Apakah kamu pernah mendengar nama buah carica? Buah carica adalah buah khas dari daerah Wonosobo, Dieng, Jawa Tengah. Buah yang cukup asing bagi beberapa orang ini ternyata masih satu keluarga dengan buah pepaya. Oleh sebab itu bentuknya mirip, hanya saja ukuran carica lebih kecil.

Ciri-ciri buah carica

Ketika masih muda, kulit carica berwarna hijau lalu berubah menjadi kuning ketika matang. Buah ini jarang ditemukan karena tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Carica hanya tumbuh di daerah dataran tinggi dan di Indonesia hanya tumbuh di Dieng dan Bali.

Manisan carica

Masyarakat di daerah Wonosobo mengolah carica menjadi manisan. Manisan carica menjadi oleh-oleh favorit ketika orang-orang datang berkunjung ke daerah ini. Selain rasanya yang manis dan segar, ternyata carica memiliki manfaat bagi kesehatan.

undefined
Manisan carica yang manis dan segar (Foto: antaranews.com)

1. Menyembuhkan penyakit kulit

Carica pertama kali ditemukan di Amerika. Di sana, buah ini sudah digunakan sebagai obat penyembuh penyakit kulit. Sayangnya, penemuan ini belum dapat diterapkan di Wonosobo karena terbatasnya ilmu pengetahuan dan teknologi di sana. Selain sebagai obat kulit, carica mengandung kolagen yang sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik.

2. Melancarkan pencernaan

Carica mengandung citamin C dan kaya akan serat sehingga dapat memperlancar pencernaan kita. Buah ini juga bermanfaat untuk pembersih usus yang alami yaitu membunuh bakteri jahat dalam usus.

3. Meningkatkan fungsi mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah carica berguna bagi kesehatan mata. Bagi teman-teman yang tidak suka sayuran, mungkin bisa mengonsumsi buah ini sebagai penggantinya.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : KUSSUSANI

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

5 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

5 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×