Ikan Sapu-sapu yang Suka Bersih-bersih

  • Sabtu, 16 September 2017 14:25 WIB

Ikan Sapu-sapu | 1 | 1

Sesuai dengan namanya, ikan sapu-sapu, jenis ikan air tawar ini memang paling hobi bersih-bersih. Ia suka membersihkan dinding akuarium dari lumut yang menempel. Cara membersihkannya dengan memakan lumut-lumut tersebut.

Mudah Dipelihara

Ikan yang memiliki nama ilmiah Hypostomus plecostomus ini sering dipelihara di akuarium untuk tugas bersih-bersih. Tidak susah memelihara ikan sapu-sapu, karena ikan ini tidak gampang mati. Bahkan jika kita tidak memberinya makanan pun, ikan ini tetap bisa bertahan hidup. Dia hidup dengan memakan lumut atau kotoran yang ada di sekitarnya.

Dua Alat Pernapasan

Ikan ini memiliki dua jenis alat pernapasan, yaitu insang dan labirin. Alat pernapasan insang digunakan pada saat ikan berada di air yang jernih. Sedangkan labirin digunakan pada saat ikan berada di air yang keruh atau berlumpur. Inilah yang menyebabkan ikan sapu-sapu mudah beradaptasi, baik di air yang jernih maupun di air yang keruh.

Ikan Pemalas

Ikan sapu-sapu jarang terlihat berenang ke sana kemari. Dia lebih banyak diam dan menempel pada dinding akuarium. Semakin besar ukuran tubuh ikan sapu-sapu, semakin malas ikan ini bergerak.

Penghisap Luka

Harap berhati-hati jika ikan sapu-sapu yang ada di akuarium dipelihara bersama ikan hias lainnya. Ikan sapu-sapu dapat menyerang ikan hias yang sedang terluka. Dia akan menghisap bekas luka itu. Ini dapat menyebabkan ikan yang sedang terluka tersebut mengalami kematian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek ikan peliharaan kita. Jika memang sedang terluka, sebaiknya ikan sapu-sapu dipisahkan sampai ikan hias yang terluka itu sembuh.

Sebagai Bahan Makanan

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Janji Ayah

3 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

20 jam yang lalu

Kado Peri Ulang Tahun

3 hari yang lalu

Bersyukurlah, Anita!

23 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×