5 Fakta Unik Seputar Burung Hantu

  • Kamis, 7 Desember 2017 13:35 WIB

5 Fakta seputar burung hantu | Foto: Creative Commons/Jason Thompson

Apakah teman-teman pernah melihat burung hantu? Tentunya hewan ini dikenal sebagai makhluk malam atau nokturnal. Ia juga memiliki suara unik yang khas. Lalu, apalagi, ya, ciri-ciri burung ini? Yuk, kita simak beberapa fakta seputar burung hantu di bawah ini!

1. Hewan Predator

Burung hantu biasanya memangsa mamalia kecil seperti tikus, tupai, atau kelinci. Tidak hanya itu, mereka juga memburu serangga dan juga reptil. Sama seperti burung lainnya, burung hantu makan dengan cara menelannya dalam potongan yang kecil dan tidak mengunyahnya. Burung ini memiliki paruh yang kuat untuk dipakai mengoyak mangsanya.

undefined
Foto : Creative Commons/Peter K Burian

2. Bola Mata Burung Hantu

Burung hantu memiliki bola mata yang tidak bisa digerakkan secara leluasa. Inilah kenapa mereka tidak bisa melirik dan perlu menolehkan kepala seluruhnya untuk melihat ke arah yang berbeda. Karena burung hantu memiliki mata yang menghadap ke depan, sistem penglihatan dua mata mereka pun dapat berkembang dengan baik.

3. Kebanyakan Terbang Tanpa Suara

Burung hantu telah beradaptasi dan memiiki bulu khusus yang membuat suara kepakan sayap mereka semakin tidak terdengar. Ini sangat berguna bagi mereka saat sedang berburu, mangsa tidak akan sadar ketika mereka terbang mendekat.

undefined
Foto: Flickr/dingopup

4. Jumbai di Atas Kepala Burung Hantu

Jika teman-teman melihat di atas kepala burung hantu, terdapat dua jumbai yang mirip seperti sepasang telinga. Namun, itu hanyalah ‘aksesoris’ saja dan bukan sepasang telinga. Telinga burung hantu justru terletak di wajahnya. Tepatnya berada di belakang mata dan tersembunyi ditutupi bulu-bulu mereka. Burung hantu mempunyai indera pendengaran yang sangat tajam. Kemampuan ini juga membantu mereka untuk menemukan serta menangkap mangsanya.

undefined
Foto: Flickr/Mark Coleman

5. Memiliki Kaki yang Kuat

Struktur kaki burung hantu sangat kuat, yaitu dua jari kaki yang menghadap ke depan dan dua jari kaki yang menghadap ke belakang. Struktur kaki seperti ini disebut dengan zygodactyl. Dengan kaki yang seperti ini, burung hantu pun menjadi mudah saat menerkam dan membawa mangsanya.

Nah, itulah 5 fakta burung hantu. Menurut teman-teman, manakah fakta yang paling menarik?

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Cerita

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Cerita

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

Cerita

Yang Terbaik

22 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Berenang

3 jam yang lalu

Cerita

Satu Arah dan Dua Arah

5 menit yang lalu

MOST READ

Wow, Rapinya!

2 hari yang lalu

Menjaga Adik

3 hari yang lalu

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×