Elevator Khusus Sepeda di Norwegia

  • Rabu, 3 Januari 2018 11:00 WIB

Trampe, elevatro khusus sepeda di Norwegia | Wikimedia Commons

Bobo.id –  Penduduk Kota Trondheim di Norwegia sangat suka berkendara menggunakan sepeda. Sepeda adalah kendaraan utama di kota ini. Di kota ini juga ada elevator khusus pengendara sepeda, lo.

Trampe

Elevator khusus untuk pengendara sepeda ini dikenal sebagai Trampe. Elevator ini sangat berguna saat melalui jalan tanjakan. Kamu tentu dapat membayangkan, mengayuh sepeda di tanjakan bukanlah hal yang mudah. Kadang-kadang, sepeda harus dituntun apabila tanjakannya terlalu tajam. Elevator yang dipasang untuk mendaki Bukit Bbrubakken ini sangat memudahkan pengendara sepeda di jalan tanjakan.

Mendorong Kaki

Teknologi yang digunakan di Trampe ini sebenarnya cukup sederhana. Ada rel kecil di tepi jalan untuk tempat menempatkan kaki. Pengendara meletakkan kakinya di pelat yang mendorongnya bergerak ke atas. Jadi, alat ini sebenarnya mendorong kaki pengendara. Sementara itu sang pengendara membawa sepeda bersamanya.

Baca juga: Yuk, Bersepeda!

Pengguna Sepeda Bertambah Banyak

Trampe yang mulai digunakan sejak tahun 1993 ini membuat pengguna sepeda bertambah banyak. Sepeda memang menjadi alat transportasi utama di kota yang banyak mahasiswanya ini. Untuk menggunakan Trampe diperlukan kartu akses, kemudian menelan tombol “Start”. Beberapa detik kemudian, pelat pada rel Trampe akan bergerak. Pengunjung yang datang ke kota ini dapat menyewa sepeda dan membeli kartu akses menggunakan Trampe. Apakah kamu ingin mencobanya?

 

Sumber: trondheim.com

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Rumah di Rawa Kappa

2 hari yang lalu

Hantu Pencopet

18 jam yang lalu

Diuji dengan Mimpi

3 hari yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

3 hari yang lalu

Akibat Saling Mengalah

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×