Kenapa Bentuk Awan Berbeda-beda?

  • Selasa, 14 November 2017 16:15 WIB

Bentuk awan yang berbeda-beda disebabkan oleh suhu udara yang juga berbeda. | Pixabay

Coba teman-teman tengok ke langit dan lihat. Di langit, terdapat awan-awan yang saling menggumpal dengan bentuk yang bermacam-macam. Kira-kira kenapa ya bentuk awan berbeda-beda?

Macam-macam Awan

Sebelum kita bahas tentang apa yang membuat bentuk awan berbeda, kita harus mengenal lebih dulu macam-macam awan. Pada umumnya, awan ada 3 macam, yaitu stratus, kumulus, dan sirus.

Awan stratus berbentuk berlapis-lapis di ketinggian 2 kilometer. Awan kumulus berbentuk seperti gumpalan di ketinggian 2 hingga 7 kilometer. Sedangkan awan sirus berderet di ketinggian langit 5 hingga 8 kilometer.

Suhu Udara

Bentuk awan yang berbeda-beda disebabkan oleh suhu udara yang juga berbeda. Awan stratus bisa terbentuk ketika ada udara dalam jumlah yang besar naik perlahan-lahan di daerah yang permukaannya hangat.

Awan kumulus terbentuk saat udara yang hangat naik ke langit atau saat udara dingin di lapisan atmosfer paling atas tidak stabil. Sedangkan awan sirus terbentuk ketika kristal es yang terbentuk di lapisan atas atmosfer jatuh dan tersebar di sepanjang jalan saat udara berhembus.

Tidak Pernah Sama

Kalau teman-teman perhatikan, bentuk awan tidak ada yang sama meskipun jenisnya sama. Awan kumulus terlihat menggumpal, tapi gumpalan-gumpalan awan itu memiliki bentuknya masing-masing. Hal ini terjadi karena awan merupakan benda langit yang bisa tertiup angin

Saat awan tertiup angin, bagian-bagian awan yang berada di pinggir akan lebih mudah terbawa angin sehingga terlepas dari awan induknya. Maka kalau misalnya teman-teman menggunakan imajinasi dan melihat ada awan berbentuk kura-kura, beberapa waktu kemudian awan itu akan berubah bentuk karena tertiup angin.

Reporter : Cirana Merisa
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×