Mikroskop, Alat untuk Melihat Benda Super Kecil

• Kamis, 14 September 2017 08:00 WIB

Mikroskop, alat untuk mengamati benda super kecil | Sylvana Toemon

Apakah kamu pernah mengintip menggunakan mikroskop? Dengan alat ini, kita dapat melihat benda-benda kecil yang biasanya tidak dapat kita lihat. Sejak kapan benda ini digunakan?

Pengamat Benda Kecil

Mikroskop adalah gabungan dari 2 kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu mikros dan skopos. Mikros artinya kecil, skopos artinya pemerhati atau pengamat. Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat hal-hal sangat kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Mikroskop Majemuk

Alat yang kita kenal sebagai mikroskop sekarang ini adalah mikroskop majemuk. Alat ini didapat dari perkembangan selama berabad-abad. Berawal dari penemuan kaca pembesar yang dapat digunakan untuk melihat benda kecil lebih jelas. Kaca pembesar dapat dikatakan sebagai mikroskop sederhana.

Bapak Mikroskop

Mikroskop majemuk ditemukan pada abad 16. Seorang ahli bernama Leeuwenhoek dari Belanda dianggap sebagai “bapak mikroskop” karena berbagai penemuannya yang ia peroleh menggunakan mikroskop. Ia adalah orang pertama yang melihat protozoa dan bakteri menggunakan mikroskopnya.

Saat ini teknologi mikroskop makin berkembang. Mikroskop elektron bahkan dapat melihat benda yang diperbesar jutaan kali lipat. Teknologi ini sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi nano.

Reporter : Sylvana Toemon

Iko, Hihaa!!

Rumah Nomor 6

4 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×