Rahasia Jalan Udara

  • Selasa, 12 September 2017 10:35 WIB

Rahasia Jalan Udara | Ode

Apa yang teman-teman lihat saat mendongkak ke langit? Hmmm, langit kelihatan sepi dan luas. Sssttt, katanya, langit itu tidak sepi, lo. Ada jalan yang sangat ramai di langit. Apakah jalan di langit mirip jalan di darat?

Jalur Udara

Di darat, ada jalan untuk mobil. Bentuknya berupa tanah beraspal dengan batas trotoar. Di laut juga ada jalan bagi kapal laut. bentuknya berupa air. Nah, di langit, ada jalan untuk pesawat terbang. Jalan untuk pesawat terbang berupa udara. Oleh karena itu, jalan langit untuk pesawat terbang disebut jalur udara atau airways.

undefined
Jalur udara yang aman ada di atas laut.

Di Atas Laut

Tidak sembarang tempat di langit boleh dilalui pesawat terbang, lo. Jalur udara dipilih dengan sangat teliti. Yang memilih adalah pemerintah. Biasanya, pemerintah memilih udara yang anginnya tenang, jarang ada badai, dan tidak ada gunung yang berbahaya.

Jalur udara yang paling banyak dipilih adalah jalur udara di atas laut. Kenapa? Karena laut adalah tempat pendaratan yang aman jika pesawat jatuh saat kecelakaan. Hmm, kebayang, kan, jika pesawat jatuh di perumahan penduduk? Korban kecelakaannya bisa bertambah banyak.

undefined
Di udara, pesawat tidak boleh kebut-kebutan.

Dilarang Ngebut

Wush... wush... di darat, mobil bisa menyalip mobil lain dari kiri dan kanan. Di udara, pesawat tidak boleh salip menyalip! Jangankan menyalip, pesawat yang ingin bergeser satu meter saja harus meminta izin terlebih dahulu. O iya, pesawat juga tidak boleh mengubah kecepatan sesuka hati. Mereka harus terbang sesuai dengan kecepatan yang telah ditentukan.

Misalnya, pesawat rute Bali – Jakarta hanya boleh terbang selama 1 jam 15 menit. Tidak boleh kurang, tidak boleh lebih. Kenapa? Dalam satu jalur, ada 30 pesawat pesawat yang terbang bersamaan. Jaraknya setiap pesawat hanya 500 meter – 1 kilometer.

Jika satu pesawat terbang terlalu cepat, ia bisa menabrak pesawat lain yang ada di depannya. Lalu, jika pesawat terbang terlalu lambat, ia bisa ditabrak oleh pesawat yang ada di belakangnya. Nah, hal inilah yang membuat pesawat harus terbang dengan kecepatan dan waktu yang telah ditentukan.

undefined
Di udara tidak ada tempat pengisian bahan bakar.

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Putri Berambut Kaca

2 jam yang lalu

Ketika Dihukum Mama

10 menit yang lalu

Ketika Pompa Air Rusak

24 jam yang lalu

Hadiah Ulang Tahun

2 hari yang lalu

Pesta Kurcaci Mimpi

3 hari yang lalu

Marvo si Pesulap

1 hari yang lalu

Pelangi Nona Smith

3 hari yang lalu

MUST READ

Ketika Dihukum Mama

10 menit yang lalu

Putri Berambut Kaca

2 jam yang lalu

Raksasa Api

6 jam yang lalu

Misteri Daun Tiga Warna

21 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×