Tempat Penyimpanan Bibit Terbanyak di Dunia ada di Kutub Utara

  • Kamis, 23 November 2017 10:23 WIB

Tempat penyimpanan bibit ini dibangun sekitar 130 meter di bawah tanah. | Creative Commons - Miksu

Apa yang akan terjadi kalau seluruh dunia mengalami bencana alam? Pasti semua makhluk hidup tidak bisa bertahan. Nah, para ilmuwan mendirikan suatu tempat sebagai persiapan kalau kalau terjadi hal itu.

Penyimpanan Bibit

Sebuah tempat bernama Svalbard Global Seed Vault didirikan oleh para ilmuwan pada Februari 2008 lalu di salah satu pulau paling utara Norwegia. Tempat yang terletak sekitar 1.300 kilometer dari Kutub Utara ini dibangun sekitar 130 meter di bawah tanah, atau lebih tepatnya di bawah salju. Hi..hi..hi..

Di tempat inilah disimpan bibit tanaman dari berbagai negara di dunia. Bibit disimpan di ruang-ruang penyimpanan. Suhu ruang penyimpanan juga dijaga dalam kondisi yang tetap, yaitu -18 derajat Celcius.

undefined
Bibit disimpan di ruang-ruang penyimpanan. (NordGen/Dag Terje Filip Endresen)

Bermacam-macam Bibit

Di tempat penyimpanan ini terdapat berbagai macam bibit tanaman. Cary Fowler yang menjadi ketua di sana mengatakan bahwa sekarang bank bibit ini sudah mengoleksi lebih dari 930.000 benih tanaman dari seluruh dunia. Hal ini membuat tempat ini menjadi tempat penyimpanan bibit dengan koleksi yang paling beragam di dunia.

Tujuan Pembangunan

Bank bibit ini didirikan dengan tujuan untuk menyimpan bibit-bibit dari seluruh dunia. Ruang penyimpanan ini menyediakan cadangan utama berbagai macam bibit. Para ilmuwan melakukan antisipasi kalau terjadi bencana alam, perang, atau krisis, manusia masih bisa tetap bertahan hidup dengan adanya bibit-bibit yang disimpan di tempat itu.

Tingkat Keamanan Tinggi

Tidak sembarang orang bisa masuk ke Svalbard Global Seed Vault ini. Pengunjung yang ingin masuk ke dalam harus mendapatkan izin dari petugas keamanan. Selain itu, pengunjung juga harus melewati 4 pintu dengan keamanan yang ketat.

Pertama yaitu pintu masuk, ada petugas penjaganya. Lalu pintu kedua terletak 115 meter jaraknya dari pintu masuk. Lalu pintu ketiga dan keempat dilengkapi dengan pengunci udara.

Reporter : Cirana Merisa
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Cerita

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Cerita

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

Cerita

Yang Terbaik

22 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Berenang

3 jam yang lalu

Cerita

Satu Arah dan Dua Arah

6 menit yang lalu

MOST READ

Wow, Rapinya!

2 hari yang lalu

Menjaga Adik

3 hari yang lalu

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×