Anak Sumba dan Hari Pasola

  • Kamis, 2 November 2017 17:24 WIB

Anak-anak Sumba yang sederhana dan ceria. | Foto: Ricky Martin \ Bobo

Sederhana, lincah, mandiri, dan akrab dengan adat.  Itulah teman-teman kita anak Sumba. Mereka tinggal di sebuah pulau yang berbatasan dengan benua Australia, yaitu Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sehari-hari

Aktifitas sehari-hari anak-anak Sumba tidak jauh berbeda dengan aktivitas anak-anak di pedesaan. Pagi-pagi sebelum berangkat sekolah, mereka bertugas menyapu dan mengambil air minum ke mata air di sungai.  Selain itu, biasanya anak laki-laki mendapat tugas tambahan mengelurkan kuda dari kandang untuk ditambatkan di bawah pohon.

Mereka harus mengambil mata air di sungai karena di Sumba jarang sekali ada  sumur. Orang tidak membuat sumur karena tanah di Sumba umumnya  berbatu, sehingga sangat sulit untuk menggali sumur. Kalau bisa menggali pelan-pelan, mata airnya sangat dalam.

Tentu akan lebih praktis mengambil mata air di sungai. Sambil mandi, pulangnya mereka bisa menenteng jeriken berisi air untuk kebutuhan memasak di rumah.

Anak-anak Sumba juga wajib sekolah seperti  kita. Mereka berangkat sekolah dengan berjalan kaki. Di pedesaan, umumnya anak-anak Sumba ke sekolah tidak memakai sepatu atau sandal. Selain tidak biasa, memakai sepatu malah bikin repot mencucinya karena  jalannya masih jalan tanah.

Selesai sekolah, mereka buru-buru pulang untuk membantu orang tua bekerja di ladang. Mereka belajar mencangkul, mencari kayu bakar, juga mengangkut hasil ladang ke rumah.

undefined
Anak-anak Sumba sedang mengambil air di sungai. | Foto: Ricky Martin
Kuda Menjadi Sahabat

Anak-anak Sumba kadang menghabiskan waktu sore dengan menunggang kuda di savana. Savana adalah padang rumput. Bagi anak Sumba, kuda adalah sahabat. Kuda menjadi hewan andalan untuk pergi ke ladang atau mengangkut hasil bumi.

Sebagai sahabat, kuda juga mengajarkan anak-anak Sumba menjadi anak yang pemberani dan tidak cengeng.

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Cerita

Tumpeng untuk Nenek Sumirah

19 jam yang lalu

Cerita

Black Forest

11 jam yang lalu

Cerita

Kue Serabi Pembawa Berkah

17 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Bakwan Udang

16 jam yang lalu

MOST READ

IQ Rendah Tidak Masalah

1 hari yang lalu

Kain Lap yang Hilang

2 hari yang lalu

Sesudah Suatu Kegagalan

3 hari yang lalu

Naik Kereta Tebu Berhantu

2 hari yang lalu

Usahawan Cilik

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×